PSSI Jamin Piala Indonesia Tidak Membebani Klub Peserta

Gregah Nurikhsani Estuning    •    05 Januari 2018 17:18 WIB
liga indonesia
PSSI Jamin Piala Indonesia Tidak Membebani Klub Peserta
Logo Piala Indonesia.

Jakarta: Piala Indonesia dijadwalkan kembali digelar setelah sempat vakum selama beberapa tahun. Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono menegaskan bahwa turnamen ini tak akan membebani kontestan dari segi padatnya jadwal pertandingan.

PSSI belum menetapkan secara pasti kapan Piala Indonesia akan dimulai, namun, Joko Driyono mengatakan final bakal digelar pada bulan Desember akhir tahun ini. Pria yang akrab disapa Jokdri itu juga menjamin skema turnamen tidak akan semenakutkan bayangan.

"Dengan jadwal di mana pertandingan final digelar pada Desember, setiap tim hanya akan memainkan satu atau dua pertandingan Piala Indonesia di setiap bulannya. Jadi seperti itu skemanya dan tidak akan menakutkan seperti yang dibayangkan oleh orang-orang," ucap Jokdri.

Piala Indonesia 2018 akan diikuti oleh klub-klub dari Liga 3, 2, dan 1 dengan sistem gugur. Rata-rata, tim yang melaju hingga final akan melakoni 10-11 pertandingan.

Klik: Diisukan Dipecat, Sekjen PSSI: Sampai Ketemu di GBK 14 Januari

Secara hitung-hitungan kasar, ada 128 klub yang ikut serta di Piala Presiden. Belum jelas apakah tim dari Liga 1 akan memulai dari babak pertama atau tidak, namun, sistem kandang-tandang baru akan diberlakukan di semifinal.

"Dari 128 mengerucut ke 64 di babak kedua. Lalu kembali mengerucit menjadi 32 di babak ketiga. Kemudian di babak 16 besar, perempat final, dan semifinal akan berlaku sistem home and away, sebelum akhirnya single match akan dilakukan di pertandingan final," sambungnya.

"Dengan demikian maksimal jumlah pertandingan yang akan dimainkan oleh tim yang melangkah hingga ke final adalah 10 hingga 11 pertandingan," pungkas Jokdri.

Sriwijaya FC menjadi pemegang gelar juara terbanyak dengan tiga kali merengkuh Piala Indonesia. Arema berada di bawahnya dengan koleksi dua gelar.

Video: Misi Madura United di Suramadu Cup
 


(ACF)


Video /