Proses Naturalisasi Ezra Walian

Ini Upaya Menpora Dalam Proses Naturalisasi Ezra Walian

Nurul Hidayat    •    18 Maret 2017 18:10 WIB
liga indonesiakemenpora
Ini Upaya Menpora Dalam Proses Naturalisasi Ezra Walian
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi (Tengah) saat kunjungan ke Pondok Pesantren Mambaul Maarif Denanyar Jombang (Foto: MTVN/Nurul Hidayat)

Metrotvnews.com, Jombang: Masa depan Ezra Walian menjadi pemain naturalisasi Indonesia sudah mendekati kenyataan. Menurut Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi, proses naturalisasi sang pemain segera terealisasi dalam waktu dekat.

Konfirmasi tersebut disampaikan langsung oleh Imam saat melakukan kunjungan ke Pondok Pesantren Mambaul Maarif, Denanyar Jombang Jawa Timur, Sabtu 18 Maret.

"Alhamdulillah, Ezra beserta ayahnya sudah disetujui oleh DPR, kami menyampaikan beberapa alasan pendukung agar proses tersebut dapat segera terealisasi," ujar imam.

Baca: Arema Juara Piala Presiden, Suporter Rela Berjalan Kaki Hingga Puluhan Kilometer


Ada beberapa pertimbangan penting yang disampaikan Imam saat melakukan proses naturalisasi Ezra kepada DPR. Di antarany adalah mengenai usia Ezra yang masih produktif, permainan yang cukup impresif selama menjalani akademi di Ajax Amsterdam, dan ayahnya yang merupakan kelahiran di Indonesia.

"Ditambah lagi semangat dan keinginannya untuk membawa persepakbolaan Indonesia ke depan lebih baik, juga menjadi salah satu alasan kita guna menaturalisasi dia," tambahnya.

Selain Ezra, ada beberapa pemain yang diisukan akan masuk dalam proses naturalisasi. Salah satunya adalah kiper asal Italia, Emilio Audero Mulyadi. 

Baca: Umuh Masih Berharap Datangkan Lilipaly ke Persib


Ketika ditanyakan mengenai hal itu, Imam mengaku belum tahu. "Terkait itu belum masuk ke kami, mungkin masih dalam tahap federasi," kata Imam.

Pada kesempatan itu, Imam juga mengatakan proses naturalisasi pemain memang tidak mudah dan butuh proses yang cukup panjang. Proses itu dimulai dari PSSI yang akan meminta rekomendasi kepada KONI, Kemenpora, hingga kepada Kementerian Hukum dan HAM.

"Dari Kementerian Hukum dan HAM ke Presiden, dari Presiden atas pertimbangan dari semuanya itu baru ke DPR. Sementara Komisi III DPR tidak langsung memutuskan, tapi memanggil Kami saya sebagai yang bertanggungjawab untuk dimintai alasan pemerintah merekomendasi, serta akan dibawa kesidang paripurna untuk diputuskan," tutupnya.


Video: Timnas U-22 akan Jamu Myanmar dengan Formasi 4-3-3

 


(PAT)

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%
Jelang Chelsea vs Barcelona

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%

12 hours Ago

Pelatih Chelsea Antonio Conte tidak memungkiri bahwa laga melawan Barcelona akan jadi laga yang…

BERITA LAINNYA
Video /