Naturalisasi Ezra Walian

Glenn Walian: Ezra Memilih Indonesia karena Dorongan Hati

Kautsar Halim    •    20 Maret 2017 23:51 WIB
timnas indonesia
Glenn Walian: Ezra  Memilih Indonesia karena Dorongan Hati
Glenn Walian. (Foto: MTVN/Zam)

Metrotvnews.com, Bogor: Bergabungnya Ezra Walian sebagai penggawa timnas U-22 didukung penuh oleh ayahnya yang bernama Glenn Walian. Salah bentuk dukungan sang ayah dibuktikan dengan mengawal Ezra latihan perdana.

Untuk pertamakalinya, Ezra akhirnya bisa ikut berlatih dengan skuat Garuda Muda yang dipimpin langsung oleh pelatih kenamaan asal Spanyol, Luis Milla. Latihan tersebut berlangsung di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor,  pada Senin 20 Maret sore WIB.

Glenn yang juga baru dinaturalisasi mengenakan polo shirt berwarna biru langit dan celana panjang hitam ketika menyaksikan putranya berlatih. Meski tidak bisa berbahasa Indonesia, Glenn tetap antusias menjawab pertanyaan sejumlah wartawan yang penasaran dengan asal-usul putranya.


Klik: Ezra Walian Resmi Jadi Warga Negara Indonesia


Dijelaskan Glenn, bisa menjadi skuat timnas merupakan salah satu cita-cita Ezra. Cita-cita itu dipaparkan terbentuk bukan dorongan dirinya, melainkan berasal dari keinginan Ezra itu sendiri.

"Dia sangat termotivasi bermain untuk Indonesia karena bakal berpengaruh terhadap masa depannya. Saya juga berpikir dia bisa memanfaatkan potensi dan meraih hasil maksimal di sini," ujar Glenn kepada wartawan

"Saya rasa Ezra tidak bisa menerangkan alasannya untuk bergabung ke sini karena keputusan itu diambil berdasar perasaannya sendiri. Saya juga tidak menekan dia untuk bergabung karena keputusan itu murni dari dirinya sendiri," tambah pria yang mengaku lahir di Jakarta tersebut.


Klik: Skor Indonesia vs Myanmar Versi Menpora & Ketum PSSI


Berbeda dengan para penggawa domestik yang melewati berbagai tahapan seleksi, Ezra mendapat pengecualian untuk langsung lolos sebagai striker Garuda Muda. Pengalamannya sebagai skuat Ajax Amsterdam B dan timnas muda Belanda dianggap sudah lebih dari cukup untuk lolos seleksi

Menanggapi rekam jejak itu, Glen tidak jemawa. Ia mengklaim anaknya memang sudah berjuang keras untuk mengejar cita-citanya sebagai pesepakbola profesional.

"Dia (Ezra) tetap bukan pemain terbaik di Belanda. Tapi dia bisa mendapatkan sesuatu di sana berkat kerja keras dan perilaku baiknya selama ini. Saya rasa dia memang cocok berada di sini (Indonesia)," pungkas Glenn. Setelah melewati proses naturalisasi yang cukup rumit, akhirnya Ezra bisa menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) dengan bantuan surat Keputusan Presiden (Keppres). Lewat surat itu Ezra diperbolehkan menjadi WNI sambil menunda pengucapan sumpah yang merupakan salah satu syarat naturalisasi.

Dengan adanya restu dari presiden itu, artinya Ezra sudah resmi menjadi WNI dan penggawa timnas Indonesia. Ia bisa saja dimainkan ketika timnas U-22 menggelar laga uji coba perdana kontra Myanmar pada Selasa 21 Maret pukul 16.00 WIB.

 


(ACF)