Legenda Sepak Bola Nasional

Kiper Legendaris Timnas Indonesia Maulwi Saelan Wafat

   •    10 Oktober 2016 20:11 WIB
obituari
Kiper Legendaris Timnas Indonesia Maulwi Saelan Wafat
Maulwi Saelan (Dok: Intisari)

Metrotvnews.com, Jakarta: Toko sepak bola nasional dan PSM Makassar Maulwi Saelan wafat pada hari ini, Senin 10 Oktober 2016, di Rumah Sakit Pertamina Pusat. Mantan kiper tim nasional di era 1954-1958 itu adalah salah satu pemain sebak bola legendaris dan juga pejuang kemerdekaan Indonesia. 

Maulwi Saelan yang lahir di Makassar, Sulawesi Selatan, 8 Agustus 1926, dikabarkan meninggal dunia pukul 18.30 WIB petang tadi di kediamannya di Jalan Bendungan Hilir (Benhil) Nomor 111, Jakarta Pusat. Berita meninggalnya Maulwi Saelan pertama kali diketahui lewat akun twitter Berita Makassar. Di akun itu, kemenakan almarhum, Andi Herry Iskandar, juga membenarkan kabar duka tersebut. Info terakhir, jenazah akan dimakamkan Selasa besok.

Maulwi Saelan merupakan anak Amin Saelan, tokoh nasional di Makassar dan pendiri Taman Siswa di kota itu. Dia bergabung dengan tim nasional Indonesia era 1954-1958 dan berkontribusi besar dalam keberhasilan Indonesia menembus empat besar Asian Games 1954 dan meraih medali perungggu di Asian Games 1958.


Salah satu penampilan heroik Maulwi adalah ketika menghadapi Rusia di Olimpiade Musim Panas 1956 di Melbourne, 17 November 1958. Indonesia kala itu berhasil menahan imbang Uni Soviet yang merupakan salah satu tim terkuat Eropa dan dunia. Maulwi Saelan berjibaku menahan gempuran Igor Netto, Sergei Salnikov, dan Boris Tatushin. Skor 0-0 bertahan hingga akhir pertandingan.  


(RIZ)

Antara Riedl, Indonesia dan Label <i>Runner Up</i>
Piala AFF 2016

Antara Riedl, Indonesia dan Label Runner Up

36 minutes Ago

Sebelumnya sempat ada perjanjian jika Riedl gagal membawa Indonesia juara AFF, kontrak tiga tah…

BERITA LAINNYA
Video /