Persija Tekankan Laga Batal karena Kondisi Runyam

Gregah Nurikhsani Estuning    •    04 Juni 2018 00:23 WIB
liga 1 indonesia
Persija Tekankan Laga Batal karena Kondisi Runyam
Bonek bergumul di Stadion Sultan Agung. (Foto: Istimewa)

Bantul: Direktur Utama Persija Jakarta, Gede Widiade, menegaskan tidak ada rekayasa terkait pembatalan laga kontra Persebaya Surabaya di Stadion Sultan Agung, Bantul, Yogyakarta. Menurutnya, keputusan panpel dan keamanan membatalkan laga tersebut murni karena situasi runyam di lapangan.

Bentrokan terjadi antara suporter Persija, The Jakmania dengan suporter Persebaya, Bonek. Tidak jelas apa penyebabnya, namun keputusan batal langsung diumumkan beberapa jam sebelum laga dimulai,

"Sudah diumumkan (dibatalkan), diumumkan lewat pengeras suara (stadion)," kata Kepala Bidang Humas Polda DIY, AKBP Yuliyanto lewat pesan singkat.

Klik: Sergio Ramos Rilis Lagu Piala Dunia 2018

Manajer Persebaya, Chairul Basalamah mencium adanya kemungkinan pembatalan ini sudah direkayasa. Untuk itu, pihaknya akan menyiapkan sejumlah bukti, termasuk rekaman audio visual.

"Ya kita mengirimkan bukti apapun, bagi kita keadaanya memang seperti ini tidak jelas dan memang boleh-boleh saja panpel mereka bilang apa saja terserah. Ada beberapa pemain mereka yang seharusnya enggak bisa ikut nanti bisa ikut. Apakah regulasi itu bisa ditegaskan," ujar Basalamah.

"Orang pintar taulah. Pertandingan ini bisa dibuat sedemikian rupa bisa menilai itu semua. Kita pikir baik-baik ada sesuatu yang ganjil. Enggak ada Panpel. Sempat mau ada pertemuan, tapi kami tunggu tak ada kejelasan. Pembatalan (pertandingan) juga tak jelas. Polisi tidak secara verbal. Tapi setelah kami tanya, match commisioner lalu langsung membatalkan. Kami ada rekamannya," sambungnya.

Di tempat lain, Gede seakan menyangkal adanya kemungkinan rekayasa seperti yang diklaim kubu Persebaya. Menurutnya, pecahnya bentrok menjadi penyebab utama.

"Tapi sekali lagi, situasi di lapangan yang membuat pertandingan akhirnya batal digelar. Nyawa lebih penting dari pertandingan malam ini. Jadi kami harap semua pihak bisa menyadari dan menjadikan kejadian ini sebagai pelajaran," jelasnya.

PT LIB masih akan melakukan penyidikan, termasuk menunggu bukti-bukti di lapangan. Persija sendiri mengkalim sudah melakukan koordinasi dengan operator liga mengenai kemungkinan reschedule.

Video: Sriwijaya FC Menang Besar Atas Persela
 



Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl
Uji Coba Timnas Indonesia vs Hong Kong

Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl

5 days Ago

Terakhir, Andik tampil saat Timnas Indonesia melakoni uji coba melawan Islandia pada 14 Januari…

BERITA LAINNYA
Video /