Buntut Sanksi PSSI untuk Persib

Tim Pencari Fakta Persilakan Persib Mengajukan Banding

Rendy Renuki H    •    03 Oktober 2018 19:12 WIB
liga 1 indonesiaAnarkisme Suporter
Tim Pencari Fakta Persilakan Persib Mengajukan Banding
Jumpa pers Tim Pencari Fakta PSSI (Foto: Rendy Renuki/Medcom.id)

Jakarta: Tim Pencari Fakta (TPF) mempersilakan Persib Bandung untuk mengajukan banding atas hukuman yang diberikan Komite Disiplin (Komdis) PSSI terkait tewasnya Haringga Sirila. Persib bisa mengajukan banding tersebut ke Komite Banding PSSI sesuai yuridiksi dalam tubuh organisasi.

Ketua TPF, Gusti Randa, mengatakan pihaknya hanya sebatas memecahkan masalah tewasnya Haringga. Hasil temuan masalah tersebut kemudian diberikan ke Komdis sebagai salah satu bahan referensi mereka menentukan sanksi yang tepat kepada pihak yang bersalah, dalam hal ini Persib.

Maung Bandung dianggap bertanggung jawab atas tewasnya Haringga karena mereka sedang bertindak sebagai tuan rumah. Sanksi pun diberikan kepada klub, panitia pelaksana, hingga suporter Persib yang dinilai bertanggung jawab dalam insiden tersebut.

"TPF hanya memberikan fakta agar lebih kaya informasi, agar tepat, tegas, dan menjadi pelajaran. Bukan saja kepada klub yang disanksi, tapi untuk seluruh klub di liga 1 dan liga 2, atau untuk pengertian lain seluruh klub di wilayah yuridiksi PSSI," ujarnya kepada awak media di Hotel Sultan, Rabu 3 Oktober.

"Apa yang telah dikeluarkan oleh Komdis sudah menjadi ranah yudisial, jadi seluruh pengurus PSSI sudah tak bisa lagi menanggapi mau pun menafsirkan ranah dari Komdis. Paling saya hanya bisa menjawab, silakan banding," sambung pria yang juga menjadi anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI.

Sesuai keputusan Komdis 1 Oktober lalu, Persib harus dihukum untuk menggelar laga kandang di luar Pulau Jawa dan tanpa suporter, hingga akhir musim 2018. Hukuman tanpa suporter tersebut pada laga kandang bahkan akan berlanjut hingga paruh musim 2019.

Gusti Randa menambahkan dalam mencari temuan kasus Haringga, TPF telah menemui seluruh pihak dalam memberikan rekomendasi untuk Komdis PSSI. Termasuk menemui pihak Persib, mulai dari Panpel, bobotoh, Kapolrestabes Bandung, dan pihak Persija.

Namun, menurutnya temuan TPF bersifat tertutup dan langsung diserahkan kepada Komdis PSSI. Sehingga temuan tersebut sifatnya tidak dapat dipertanyakan lagi.

"TPF bekerja secara tertutup. Apa yang ditemukan TPF itu secara tertutup telah kami serahkan kepada Komdis. Tidak mungkin-lah kira-kira temuan itu dapat dipertanyakan dan seterusnya. Anggota TPF pun tidak memegang salinannya karena datanya langsung ditutup," pungkas Gusti.

Selain Gusti yang ditunjuk sebagai Ketua, TPF juga beranggotakan Yunus Nusi, Pietre Tanuri, A.S Sukawijaya, Nugroho Setiawan, Albinus Laurent, Asep Saputra, Patilatu, dan Fahmi Adlan.


Keluarga Almarhum Haringga Minta Tak Ada Aksi Balas Dendam



(FIR)


Vietnam Juara Piala AFF 2018

Vietnam Juara Piala AFF 2018

2 days Ago

Vietnam sukses menekuk Malaysia 1-0 di lek kedua Final Piala AFF 2018. Hasil ini memastikan Vie…

BERITA LAINNYA
Video /