Arema vs Persib Bandung

Arema FC Siap Menerima Sanksi dari PT LIB

Daviq Umar Al Faruq    •    16 April 2018 13:45 WIB
liga 1 indonesia
Arema FC Siap Menerima Sanksi dari PT LIB
Media Officer Arema FC, Sudarmaji dan Ketua Panpel Arema FC, Abdul Haris saat konferensi pers usai pertandingan. (Foto: medcom.id/Daviq Umar)

Malang: Manajemen Arema FC siap mendapatkan sanksi dari PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) selaku penyelenggara Liga 1 2018. Hal itu diungkapkan pasca terjadinya kerusuhan saat laga Arema FC melawan Persib Bandung di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Minggu 15 April 2018.

Seperti diketahui, big match tersebut diwarnai oleh aksi ricuh yang dilakukan oleh ribuan oknum suporter. Kerusuhan diawali dengan aksi suporter yang turun ke lapangan sekitar satu menit sebelum laga usai.

Media Officer Arema FC Sudarmaji mengatakan, peristiwa tersebut membuat sanksi berada di depan mata. Meski begitu, pihaknya bakal memberikan kronologis dan klarifikasi terkait kejadian tersebut kepada penyelenggara liga.

"Laporan akan kami berikan se-obyektif mungkin apa saja yang terjadi. Kita siap dengan apa saja sanksi yang akan diberikan," kata Sudarmaji.

Sudarmaji menambahkan, kejadian ini dapat menjadi pelajaran tersendiri bagi seluruh pihak terkait. Sehingga diharapkan kedepannya peristiwa serupa tidak akan terjadi lagi.

Baca: Arema Segera Kirimkan Laporan Kronologis Kericuhan ke PT LIB 


"Ini adalah momentum kita bersama, baik dari Arema maupun manajemen untuk ke depan jauh lebih baik. Karena tantangan ke depan akan jauh lebih berat. Musuh kita bukan Aremania (julukan suporter Arema FC)," lanjutnya.

Seperti diketahui, beberapa ulah oknum suporter disinyalir bakal membuat Arema mendapatkan sanksi berlipat. Pantauan medcom.id, masih terlihat lemparan botol dari oknum suporter menuju ke lapangan. Bahkan ada beberapa oknum suporter yang juga menyalakan flare.

Saat pertandingan berlangsung, suporter beberapa kali juga masih menyanyikan lagu rasis. Bahkan saat merangsek ke dalam lapangan beberapa oknum suporter pun juga merusak beberapa fasilitas stadion, seperti lampu LED dan bench pemain.

Baca: Pelatih Persib Terluka, Manajemen Arema Minta Maaf


Padahal sebelum laga, ketua panitia pelaksana Arema FC Abdul Haris menghimbau kepada Aremania untuk menjaga sikap ketika menghadapi Persib. Sebab andai para suporter berulah, klub akan menanggung denda Rp20 juta andai ada satu botol dilempar oleh suporter ke lapangan.

"Kami sudah mengimbau kepada Aremania untuk pertandingan besok lewat media sosial. Sanksinya luar biasa. Bila ada yang melempar botol, akan didenda Rp20 juta. Dua botol tinggal dikalikan," kata Haris kepada awak media, Sabtu 14 April 2018.

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga?

Video: Laga Arema Kontra Persib Berakhir Rusuh


(ASM)