Liga Sepakbola Berjenjang Diharapkan Lahirkan Pemain Handal

Pelangi Karismakristi    •    12 April 2018 19:07 WIB
berita kemenpora
Liga Sepakbola Berjenjang Diharapkan Lahirkan Pemain Handal
Menpora Imam Nahrawi bersama Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta. Foto: Dok. Kemenpora

Jakarta: Menpora Imam Nahrawi resmi meluncurkan Liga Sepakbola Berjenjang Piala Menpora 2018 dan Aplikasi Data Base SSB se-Indonesia.

Dirinya mengapresiasi atas perjuangan para operator dari 34 provinsi. Imam berharap kompetisi ini dapat melahirkan pemain handal sebagai pondasi penting memulai kompetisi berjenjang.

"Ini adalah bentuk partisipasi masyarakat yang luar biasa yang digawangi oleh para operator yang sangat konsen ke pembinaan usia dini, tidak ada prestasi di level senior dan profesional tanpa para anak kita yang ikut berkompetisi di kelompok usia dini, karena dari itu karakter mereka akan terbentuk," ujar Imam dalam Kemenpora.go.id.

Selanjutnya dia berharap regulasi sepakbola usia dini dapat menanamkan kedisiplinan, kejujuran dan menumbuhkan rasa cinta pada sepakbola. Imam juga menyatakan akan terus mendukung kompetisi usia dini secara ketat.

“Kami akan terus mensupport kompetisi usia dini ini lebih-lebih penjenjangannya harus betul-betul dilaksanakan secara ketat. Akhir-akhir ini banyak operator dikelompok usia genap dan ganjil hal ini menjadikan cepat melahirkan pesepakbola tanah air di masa mendatang," imbuh Menpora.

Selain itu, Menpora juga akan terus mendorong supaya dunia usaha melirik kompetisi usia dini. Sehingga ada perusahaan yang mau menjadi ‘bapak asuh’ dan memaksimalkan pembagian tugas dengan federasi juga operator.

"Banyak media dan sponsor melaksanakan kompetisi. Ke depan akan kami lakukan kombinasi dengan baik kami berpesan agar komitmen terkait umur diperhatikan dengan baik karena ini sebagai fondasi penting, kemudian fasilitasi kebutuhan atlet dan pelatih dengan baik, selamat menjalankan kompetisi dengan fair play semoga Allah melindungi kita semua," pungkasnya.

Sementara itu, Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora Raden Isnanta mengatakan, Sepakbola Berjenjang Piala Menpora 2018 akan diputar lebih dari empat bulan di kabupaten/ kota se-Indonesia dan diikuti sebanyak 10.668 SSB. Sedangkan kick off kabupaten/kota akan dilaksanakan di Atambua pada 27 April mendatang, untuk tingkat provinsi akan bertempat di Bangka Belitung dan seri nasional di Balikpapan dan Jawa Barat.

"Dari sisi anggarannya relawan ini juga menggali sumber kekuatan di lokal masing-masing untuk menggelar seri kabupaten/kota dan provinsi sedangkan di seri nasional kami bantu APBN dan sponsor, sekaligus untuk pemenang seri U-12 dan lainnya kami akan kirim ke luar negeri sebagai bonus juara," jelas dia.
 
Beberapa operator yang bertugas dalam kompetisi ini adalah Zuhri Imron Putra dari Fossbi untuk U-12, U-14 Subagja dari Blisbi, U-16 ada M. Kusnaeni dari Menejemen Kompetisi, Liga Santri ada Habib dan Liga Mahasiswa U-21 ada Askab PSSI Kabupaten Brebes Heri Fitriansyah.


(ROS)


Deschamps Berharap Pemain Prancis Raih Ballon d'Or
Timnas Prancis

Deschamps Berharap Pemain Prancis Raih Ballon d'Or

12 hours Ago

Meski demikian ia percaya pemenang Ballon d'Or dalam 10 edisi sebelumnya, Lionel Messi dan …

BERITA LAINNYA
Video /