Jelang Liga 1 Indonesia 2019

Menpora Mengharuskan Liga 1 Gunakan VAR

Kautsar Halim    •    24 Maret 2019 00:04 WIB
berita kemenporaliga 1 indonesia
Menpora Mengharuskan Liga 1 Gunakan VAR
Imam Nahrawi. (Foto: Terbit/Adam Dwi)

Indramayu: Menpora Imam Nahrawi mengharuskan liga profesional Indonesia menggunakan Video Asisten Wasit (VAR). Itu dia inginkan agar tidak ada lagi kecurangan, protes dan juga kecurigaan kepada pemimpin laga.

"Mengenai VAR, saya kira itu hal yang wajib diterapkan atau bukan dianjurkan lagi. Apalagi untuk liga profesional," kata Imam Nahrawi di Indramayu, Sabtu (23/3/2019).

Liga profesional yang dimaksud adalah berbagai kompetisi yang berada di bawah kendali PSSI selaku induk sepak bola Tanah Air. Beberapa di antaranya, Liga 1, Liga 2 hingga Liga 3.    
 

Klik: Toni Kroos Kembali Dikaitkan dengan United


Liga amatir di Bandung (Bandung Premier League) dan kejuaraan berjenjang Piala Menpora diketahui sudah menggunakan VAR. Oleh karena itu, tegas Imam, tidak ada alasan lagi bagi kompetisi profesional untuk tidak menggunakan VAR.

"Saya melihat secara langsung bahwa VAR itu membantu wasit menegakkan kedisiplinan di lapangan tanpa menuai kontroversi, protes, kecurigaan dan kegaduhan," tutur Imam.

"Jadi, saya sangat menginginkan VAR sudah bisa diterapkan saat kick off Liga 1 nanti karena memang sudah menjadi bagian penting dalam sepak bola," tambahnya menutup. (ANT)


(KAU)