Pengaturan Skor Sepak Bola

Gede Widiade: Pengaturan Skor di Indonesia itu Biasa!

Rendy Renuki H    •    30 November 2018 22:49 WIB
liga indonesiapssiPengaturan Skor Sepak Bola
Gede Widiade: Pengaturan Skor di Indonesia itu Biasa!
Direktur Utama Persija Jakarta, I Gede Widiade (dua dari kiri) saat menghadiri diskusi sepak bola yang digagas wartawan sepak bola Indonesia (Foto: medcom.id/Rendy Renuki)

Jakarta: Direktur Utama Persija, Gede Widiade, mengatakan praktik pengaturan skor di Indonesia bukan hal baru. Namun, bukan hal baru juga menurutnya jika upaya penindakan berjalan lambat.

Kasus pengaturan skor kembali mencuat di sejumlah pertandingan sepak bola nasional, terutama di Liga 2. Salah satunya pada laga Maruda FC kontra PSS Sleman di babak delapan besar Liga 2.

Kala itu, manajer Madura FC, Januar Herwanto, mengakui menjadi korban match fixing. Ia diminta mengalah oleh anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Hidayat, pada pertandingan melawan PSS.
 

Baca: Bos Persija: Saya Tahu Vigit Waluyo, tapi..


"Praktik pengaturan skor di Indonesia sudah biasa, tetapi sulit dibuktikan keberadaannya. Diskusi seperti ini harus diperbanyak sehingga terus menjadi isu, dan pelakunya merasa takut jika ingin melakukan," ujarnya pada acara diskusi dengan wartawan di Kemang, Jakarta Selatan, Jumat 30 November.

"Masyarakat harus mendapat edukasi sehingga kita semua bisa mengawasi prosesnya. Tekanan dari media pun bisa menjadi senjata untuk menekan praktik ini," sambungnya.
 

Baca juga: Sekjen PSSI Tak Mengenal Sosok Vigit Waluyo


Ia juga berpendapat jika penanganan hukum permasalahan ini terkesan lamban. Padahal, menurutnya pelaku pengaturan skor sudah terlihat dan mudah dilacak.

"Malingnya sudah mengaku tapi tidak ditangkap. Kalau tidak diusut tuntas, semua upaya akan jalan di tempat. Selama ini memang tidak pernah ada hukuman yang menimbulkan efek jera. Saya tidak setuju, silahkan dituntaskan," pugkasnya.

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

Video: Medcom.id Rayakan Ulang Tahun Pertama



(ACF)


Vietnam Juara Piala AFF 2018

Vietnam Juara Piala AFF 2018

1 day Ago

Vietnam sukses menekuk Malaysia 1-0 di lek kedua Final Piala AFF 2018. Hasil ini memastikan Vie…

BERITA LAINNYA
Video /