Piala Presiden 2019

Piala Presiden 2019: Kembali Tekuk MU, Persebaya Mutlak ke Final

Kautsar Halim    •    06 April 2019 21:41 WIB
Piala Presiden 2019
Piala Presiden 2019: Kembali Tekuk MU, Persebaya Mutlak ke Final
Pesepak bola Persebaya Surabaya Irfan Jaya (kiri) mencoba melewati hadangan pesepak bola Madura United Andik Vermansyah. (ANTARA FOTO/Moch Asim)

Pamekasan: Persebaya Surabaya kembali menaklukkan Madura United (MU) pada leg 2 semifinal Piala Presiden 2019. Kali ini, mereka menang dengan skor, 3-2.

Sebelumnya pada leg 1 di Stadion Gelora Bung Tomo, Persebaya hanya menang dengan skor, 1-0. Dengan begitu artinya, Bajul Ijo berhak ke final dengan keunggulan skor agregat, 4-2.

Jalannya leg 2 semifinal berlangsung sengit di Stadion Gelora Ratu Pamelingan, Sabtu 6 April malam WIB. MU sempat unggul lebih dulu sebelum akhirnya berbalik dikalahkan Persebaya.

Performa agresif ditunjukkan tuan rumah saat peluit kick off babak pertama berbunyi. Berbagai bentuk peluang tercipta tapi pertahanan Persebaya tetap kokoh. Skor tanpa gol pun bertahan hingga turun minum.
 

Klik: Arema FC Siap Lawan Siapa Saja di Final


Babak kedua bergulir empat menit, gol yang ditunggu-tunggu MU akhirnya tercipta oleh Aleksandar Rakic yang menyundul umpan silang Beto Goncalves. Prosesnya terjadi setelah menang duel udara dengan salah satu bek Persebaya. 

Tidak terima asanya terhalang, Persebaya akhirnya meladeni permainan agresif MU. Otavio Dutra selaku bek tengah ikut membantu serangan hingga akhirnya dia mencetak gol penyeimbang pada menit ke-61.

Gol Otavio tercipta menawan setelah memanfaatkan umpan tendangan sudut salah satu rekannya. Dia mampu menyundul bola ke dalam gawang meski sedang dijaga ketat oleh kiper dan para pemain MU.
 

Klik: Calhanoglu Diragukan Tampil Lawan Juventus


MU makin beringas setelah kedudukan 1-1. Sebab artinya, tugas   mengejar skor agregat semakin berat. Dengan semangat pantang menyerah, Beto yang juga penggawa timnas Indonesia mencetak gol kedua untuk MU pada menit ke-68.

Persebaya memasukkan Irfan Jaya seusai kedudukan 2-1. Lini depan mereka makin tajam dan rajin menciptakan peluang. Alhasil, MU kebobolan lagi lewat gol yang dicetak Amido Balde pada menit ke-82 dan Hansama Yama pada menit 90+4.

Tidak ada yang bisa dilakukan MU ketika skor berbalik 2-3 saat dirasa laga tersisa hitungan detik. Seiring peluit panjang berbunyi, Persebaya pun keluar sebagai pemenang dan berhak untuk menghadapi Arema pada fase final. 

Starting XI

Madura United: M. Ridho, Alfath, Imbiri, Jaimerson, Andik, David Laly, Marck Sandi, Zulfiandi, Beto, Rakic, Zah Rahan. 

Persebaya: Miswar, Hansamu, Syaifuddin, Novan, Otavio Dutra, Misbakus, Hidayat, Osvaldo, Balde, Damian, Jalilov.



(KAU)