Jelang Persib Bandung vs Persija Jakarta

The Jakmania Dilarang ke Bandung, PT LIB Buka Suara

Kautsar Halim    •    18 Juli 2017 10:18 WIB
liga 1 indonesia 2017
The Jakmania Dilarang ke Bandung, PT LIB Buka Suara
Suasana Persib Bandung vs Persija Jakarta. (Foto: MI/Immanuel Antonius)

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) tidak khawatir dengan laga Persib Bandung kontra Persija Jakarta yang biasanya mengundang kericuhan antar suporter. Bagi mereka, itu tidak akan terjadi apabila semua pihak menuruti anjuran aparat keamanan.

"Enggak ada persiapan khusus. Itu pertandingan (Persija vs Persib) biasa saja buat kami. Kalau persiapan khusus biasanya kami serahkan kepada klub tuan rumah. Soalnya, yang bikin ramai laga ini para suporternya," ujar Tigor Shaloom Boboy selaku Chief Operational Officer PT LIB di Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (17/7/2017). 

Persib akan menjamu Persija untuk melakoni laga lanjutan Liga 1 Indonesia di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) pada Minggu 22 Juli. Sebelumnya, sempat beredar kabar bahwa suporter Persija yang dijuluki The Jakmania akan datang ke Bandung.

Baca: Polisi Imbau The Jakmania Tidak Datang ke Bandung


Menanggapi itu, Tigor tidak ingin ambil pusing. Ia pun mempersilakan The Jakmania datang ke Bandung apabila mendapat izin dari pihak kepolisian setempat. "Tapi itu tetap harus dikoordinasikan lebih dulu dengan kepolisian di sana. Kalau diizinkan silakan saja, kalau tidak yah sudah," kata Tigor.

Terkini, pihak Kepolisian Resor Kota Besar Bandung dikabarkan sudah melakukan pertemuan dengan pihak Persib maupun Bobotoh--sebutan suporter Persib untuk membahas soal pertandingan kontra Persib. Lewat pertemuan itu, akhirnya diputuskan bahwa The Jakmania dilarang untuk menonton langsung di Bandung.

Merespons kabar tersebut, Tigor menjelaskan pihak Persija maupun The Jakmania harus menerima keputusan pahit tersebut. Menurutnya, keputusan itu tidak bisa diganggu gugat meskipun pihak The Jakmania atau Persija melakukan protes ke PT LIB.

Baca: Striker Persija Disimpan untuk El Clasico Kontra Persib


"Posisi kami (PT LIB) memang sebagai operator. Tapi, itu bukan berarti kami lepas dari hukum positif yang berlaku. Kalau polisinya tidak mengizinkan, kenapa kenapa harus dipaksakan," jelas Tigor.

"Meski pada prinsipnya kami enggak boleh melarang orang menonton sepak bola, namun enggak bagus juga kalau Persija harus ke sana menggunakan kendaraan taktis," tambahnya menutup.

Saat ini, Persija sedang bertengger di urutan lima klasemen sementara Liga 1 dengan koleksi 25 poin. Sementara itu, Persib yang makin terpuruk di urutan 12 hanya berselisih lima poin saja dengan Macan Kemayoran. 

Pertandingan Persib kontra Persija bisa dibilang juga sebagai El Clasico-nya Indonesia. Selain menjadi musuh di tiap kompetisi, suporter kedua tim juga dikenal tidak pernah saling akur. 

Video: Espanyol B Gelar Coaching Clinic di Jakarta
 


(ASM)

Digoda Barcelona, Klopp Tegaskan Coutinho Tidak Dijual
Liverpool 2017--2018

Digoda Barcelona, Klopp Tegaskan Coutinho Tidak Dijual

5 hours Ago

Manajer Liverpool, Juergen Klopp yang bersikeras Philippe Coutinho tidak akan dijual. Itu dia k…

BERITA LAINNYA
Video /