Jelang Indonesia vs Vietnam

PSSI Waspadai Potensi Bentrok Suporter di Semifinal Piala AFF 2016

Kautsar Halim    •    29 November 2016 22:30 WIB
piala aff
PSSI Waspadai Potensi Bentrok Suporter di Semifinal Piala AFF 2016
Sejumlah pendukung Persik Kediri menyalakan kembang api saat pertandingan babak 16 besar Indonesia Soccer Championship (ISC) B. (ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani)

Metrotvnews.com, Jakarta: Indonesia bakal menjadi tuan rumah ketika menjamu Vietnam pada leg pertama semifinal Piala AFF 2016, Sabtu 3 Desember. Meski mengusung nama bangsa, potensi kerusuhan antar suporter tetap ada karena lokasi stadion yang kurang menguntungkan.

Stadion Pakansari yang berada di Bogor ditunjuk sebagai arena pertarungan leg pertama semifinal pada Senin 28 November lalu. Pilihan itu ditentukan Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) setelah menggugurkan dua stadion lain, yakni Gelora Bandung Lautan Api (Bandung) dan Stadion Manahan (Solo).
 

Klik: Perseru Siap Pecahkan Rekor Kandang Persib


Stadion Pakansari rentan memicu bentrok antar suporter karena lokasinya yang berada di perbatasan pendukung Persija Jakarta (The Jakmania) dan Persib Bandung (Viking/Bobotoh). Kedua kelompok suporter itu diketahui masih bersitegang, meskipun berbagai langkah damai sudah dilakukan. Ade Wellington selaku Sekretaris Jenderal PSSI tidak menutup mata atas kondisi tersebut. Selain bakal berkoordinasi dengan pihak keamanan, ia juga meminta bantuan media agar mau menginformasikan kepada seluruh suporter yang datang supaya tetap bersatu.

"Untuk keamanan, sebisa mungkin akan kami jaga. Pertandingan nanti membawa label Merah Putih dan ini penantian Indonesia selama enam tahun. Kami harap semangat merah putih bisa dikedepankan," kata Ade dalam jumpa pers di Jakarta, Selasa (29/11/2016).

"Kita juga sudah berkoordinasi dengan Polres dan Kodim. Tapi yang paling penting ini adalah Merah Putih. Rekan-rekan media mesti sampaikan hal ini sebab kami sudah rindu akan prestasi dan juara. Mudah-mudahan dengan laga ini kita bisa bersatu," tambahnya.


Klik: Riedl Sudah Punya Solusi Terkait Absennya Basna-Fachrudin 


Sementara itu, Yeyen Tumena yang ditunjuk sebagai Ketua Pelaksana pertandingan mengklaim belum bisa menjelaskan secara detail seputar strategi keamanan laga semifinal. Ia hanya  memastikan personil TNI juga akan diturunkan. "Ketua PSSI-nya saja orang TNI," kata mantan bintang timnas tersebut.

Selain waspada dengan bentrok antar suporter, PSSI juga bakal mengantisipasi akses jalan menuju stadion yang kurang strategis. Rencananya, titik keramaian yang biasanya muncul di sekitar Pasar dan Stasiun Bojong Gede bakal diberlakukan rekayasa lalu lintas.

"Kemungkinan itu (rekayasa lalu lintas) sudah dibicarakan. Kemarin kami sudah bertemu Sekda Bogor, Pak Adang, untuk membahas itu. Nanti akan kami coba didiskusikan lagi untuk mencoba berbagai hal yang kreatif," tandas Ade. 

Pertandingan Indonesia kontra Vietnam bakal berlangsung di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, pada 3 Desember pukul 19.00 WIB. Penjualan tiket akan dibuka mulai Rabu 30 November, hanya melalui situs online, Kiostix.

Video: Laga Indonesia Vs Vietnam Digelar di Stadion Pakansari




(ACF)

Penilaian AFF tentang Stadion Pakansari
Jelang Final Piala AFF 2016

Penilaian AFF tentang Stadion Pakansari

21 minutes Ago

Stadion Pakansari yang berada di Cibinong, Kabupaten Bogor telah sukses menggelar laga semifina…

BERITA LAINNYA
Video /