Persija Jakarta

Ketika The Jakmania Berbahasa Sunda

K. Yudha Wirakusuma    •    16 Oktober 2016 01:32 WIB
liga indonesia
Ketika The Jakmania Berbahasa Sunda
The Jakmania di Stadion Pakansari. (Foto: Mtvn/ K. Yudha Wirakusuma)

Metrotvnews.com, Jakarta: Persija Jakarta ternyata tak hanya didukung oleh masyarakat Jakarta. Sebagian masyarakat yang berada di Jawa Barat juga jatuh hati kepada Macan Kemayoran.

Otomatis tradisi yang melekat dari kecil ikut terbawa saat mendukung Persija berlaga. Tak terkecuali soal bahasa yang digunakan saat menyaksikan klub Ibu Kota berlaga melawan PS TNI di Stadion Pakansari, Bogor, Jawa Barat, Jumat 14 Oktober.

‎"Didiue wae (Di sini saja)," singkat Raka, salah satu Jakmania Bogor kepada temannya yang berjalan menuju Stadion Pakansari Bogor, Jawa Barat, Jumat (14/10/2016). 

‎Bersama lima remaja lainnya, Raka memilih duduk usai mencari tiket pertandingan PS TNI melawan Persija Jakarta, dalam dalam lanjutan liga Indonesia Soccer Championsip A (ISC A) 2016. "Tiketna teu aya (tiketnya enggak ada)," katanya.

Kepada Metrotvnews.com, Raka bercerita soal kesukaannya kepada Persija. Dia mengaku sejak kecil menyukai klub yang berdiri sejak 1928 itu.

"Saya sudah suka Persija sejak di SD. Karena Persija berbeda dengan kesebelasan lainnya di Indonesia. Dan saya suka Bambang Pamungkas," terangnya mengawali pembicaraan.

Raka mengaku tak ikut rombongan The Jakmania Bogor, sebab dia harus sekolah terlebih dahulu sebelum menyaksikan klub kesayangannya. "Kalau ikut rombongan itu pagi," tuturnya.

Baca: Perjuangan The Jakmania demi Menyaksikan Tim Kesayangan Bertanding


Lebih lanjut Raka mengatakan tak canggung menggunakan bahasa Sunda saat mendukung Persija berlaga. Karena, selain di Bogor ada beberapa daerah di Jawa Barat yang memang aktif mendukung Persija.

‎"Setahu saya Jakmania ada beberapa korwil di Jawa Barat. Di Cikampek, Karawang, Sukabumi, Garut, bahkan di Bandung juga ada. Jakmania yang berada di luar Ibu Kota disebut outsider," paparnya.

‎Raka menuturkan hanya beberapa kali menyaksikan laga Persija di Stadion Gerola Bung Karno, Senayan, Jakarta. Disamping ongkos yang besar, keamanan selama di perjalanan juga menjadi kekhawatirannya.

"Pernah beberapa kali nonton di GBK. Kalau ke GBK naik bus. Ada juga yang naik kereta," ungkapnya mengakhiri percakapan.

‎Puluhan ribu Jakmania memadati Stadion Pakansari, Bogor, Jawa Barat. Jakmania ‎ini datang dengan menggunakan bus, mobil, sepeda motor, bahkan kereta api. 

Laga antara PS TNI melawan Persija berakhir dengan skor 1-2. Gol PS TNI dicetak oleh Suhandi, sementara gol Persija dicetak Greg ‎Nwokolo dan Gunawan Dwicahyo . Tiga poin yang diraup Persija, membuat anak-anak Ibu Kota merangsek ke posisi 13 liga ISC A 2016.

Video: Chelsea Bekuk The Foxes



(ASM)

Kronologi Nihilnya Penjualan Tiket Timnas Indonesia di Markas Persikabo Bogor
Semifinal Leg 1 Piala AFF 2016: Indonesia vs Vietnam

Kronologi Nihilnya Penjualan Tiket Timnas Indonesia di Markas Persikabo Bogor

1 hour Ago

PSSI dan ketua Panpel laga Indonesia versus Vietnam memberikan penjelasan mengenai pendistribus…

BERITA LAINNYA
Video /