Liga 1 Indonesia 2017

PT LIB Jawab Tudingan Soal Tidak Terbuka dan Tidak Adil

Krisna Octavianus    •    06 Oktober 2017 00:01 WIB
liga 1 indonesia 2017
PT LIB Jawab Tudingan Soal Tidak Terbuka dan Tidak Adil
Berlinton Siahaan (Istimewa)

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) langsung menjawab tudingan Forum Klub Sepak Bola Profesional Indonesia (FKSPI) yang beranggotakan 15 klub Liga 1 Indonesia, yang mengatakan mereka tidak adil dan tak terbuka. FKSPI menyebut PT LIB tidak adil soal pemerataan tayangan siaran langsung dan tak terbuka soal pemakaian wasit asing.

Pada Rabu 4 Oktober, FKSPI menggelar jumpa pers terkait ketidakpuasan mereka terhadap janji-janji PT LIB di awal musim. Mereka juga menuntut keterbukaan soal aspek legal, bisnis, dan teknis.

Di luar itu, FKSPI juga menuding PT LIB tidak terbuka soal penggunaan wasit asing. Akan tetapi, Direktur Utama PT LIB Berlinton Siahaan langsung memberikan jawaban terkait hal itu.

Baca juga: PT Liga Kaget dengan Ancaman Mogok Main 15 Klub Liga 1

"Oke, ide awalnya apa penggunaan wasit asing? Karena klub menganggap SDM perangkat pertandingan tidak layak memimpin pertandingan," ujar Berlinton.

"Baik, kami bersama PSSI mencarikan solusi dan kami beritahu kepada perwakilan klub dan menggelar pertemuan untuk mensosialisasikan terkait menggunakan wasit asing. Kala itu, kami undang mereka, tetapi hanya segelintir dari mereka yang datang, lantas dasar tuntutan mereka apa?" katanya bertanya.

Tak kalah penting, ada suara miring dari perwakilan klub yang mengutarakan bahwa PT LIB hanya menyiarkan pertandingan klub-klub besar seperti Persib Bandung, Persija Jakarta, Arema FC, dan Bali United. Hal itu juga ditepis Berlinton.

"Pihak televisi tentu beralasan, bagi mereka mana klub yang berpotensi menggaet banyak penonton tentu itu yang disiarkan. Itu sudah ada kotak masing-masing karena mereka sponsor, mereka bekerja sama dengan kami," jelasnya.

Baca juga: Menang Telak, Robert Sebut Kualitas PSM di Atas Semen Padang

"Jika menyoal pembagian match feenya, saya tekankan ada forumnya seperti yang sudah saya jelaskan tadi, lewat RUPS," ucap Berlinton.

Berlinton lantas meragukan kaabsahan perwakilan klub yang menggelar pertemuan dan menyudutkan PT LIB itu. Menurutnya, ada keinginan pribadi dalam forum itu. Sebagai solusinya, PT LIB akan segera menggelar pertemuan agar masalah ini menemui titik temu dan tidak terjadi kesalahpahaman. 

"Rencananya, dalam satu minggu ke depan, kami akan menjadwalkan pertemuan dengan 18 perwakilan klub. Suratnya akan kami kirimkan besok (Jumat) dan pertemuannya akan kami umumkan segera," tutupnya.

Video: 15 Klub Ancam Keluar dari Liga 1
 


(RIZ)

Mourinho Kagumi Bek Benfica
Liga Champions 2017--2018

Mourinho Kagumi Bek Benfica

2 hours Ago

Kesetiaan Luisao membuat pelatih Manchester United Jose Mourinho kagum. Ia memuji penampilan be…

BERITA LAINNYA
Video /