Ujian Nasional

Fokus Ujian Nasional, Saddil Absen Bela Persela

Daviq Umar Al Faruq    •    09 April 2018 18:37 WIB
perselaujian nasional smaliga 1 indonesia
Fokus Ujian Nasional, Saddil Absen Bela Persela
Saddil Ramdani saat mengikuti kegiatan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Malang (Foto: medcom.id/Daviq Umar Al Faruq)

Malang: Manajemen dan tim pelatih Persela Lamongan mengizinkan salah satu pemainnya, Saddil Ramdani untuk mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Pemain bernomor punggung 76 itu pun tampak menjalani ujian di SMAN 7 Kota Malang, Senin 9 April 2018.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada manajemen dan pelatih karena telah mensupport saya untuk menyelesaikan ujian dulu. Mereka mengerti dengan keadaan saya karena saya sebentar lagi lulus," kata Saddil Ramdani sebelum memasuki ruang ujian.

Saddil tercatat sebagai salah satu siswa di SMA 7 Kota Malang sejak tergabung dengan Aji Santoso Internasional Football Academy (ASIFA). Otomatis, pemain yang tahun ini menginjak kelas 3 SMA ini pun harus mengikuti UNBK sebagai salah satu syarat untuk dapat lulus sekolah.
 

Baca: Guardiola Akui Kekalahan dari MU Pengaruhi Mood Pemain


Saddil mengaku sangat sulit membagi waktu antara sekolah dengan sepak bola. Bahkan pemain andalan timnas Indonesia ini pun beberapa kali bingung antara memilih sepak bola atau sekolah. Meski begitu, ia menegaskan bahwa pendidikan lebih penting dari apapun.

"Sulitnya itu ketika ada laga dengan Persela kemudian ada ujian di sekolah. Saya bimbang dan pusing. Apalagi bila laga yang dihadapi adalah laga penting. Tapi saya kemudian berpikir sendiri bahwa pendidikan lebih penting dari apapun," ungkap pemain berusia 19 tahun ini.



Jelang persiapan ujian, Saddil pun harus rela meninggalkan dua laga bersama Persela pada gelaran Liga 1 2018. Yakni saat laga tandang melawan Persipura Jayapura dan PSM Makassar. Dari dua pertandingan tersebut, Laskar Joko Tingkir meraih satu kali kalah dan satu kali menang.
 

Baca juga: Jepang Pecat Vahid Halilhodzic


"Beruntung saat bermain lawan PSM Makassar, teman-teman bisa bermain baik dan memberikan hasil maksimal meskipun tanpa saya. Kemenangan atas PSM membuat saya senang karena teman-teman bisa menang di kandang lawan," urai pemain kelahiran Raha, Sulawesi Tenggara ini.

Selanjutnya Saddil masih akan mempersiapkan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) di sekolahnya. Sebab dari 13 mata pelajaran, dia masih mengikuti empat kali ujian. "Kurang sembilan ujian lagi. Tanggal 23 sampai 27 April nanti saya kembali ke sekolah lagi," tutupnya.

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

Video: Persib Taklukkan Mitra Kukar 2-0



(ACF)


Giggs Mengaku tak Masalah jika Bale Jadi Cadangan di Madrid
Jelang Real Madrid vs Liverpool

Giggs Mengaku tak Masalah jika Bale Jadi Cadangan di Madrid

50 minutes Ago

Nasib Gareth Bale di skuat utama Real Madrid untuk final Liga Champions Minggu 27 Mei dini hari…

BERITA LAINNYA
Video /