Kemenpora: PSSI Belum Perlu Dibekukan

Sunnaholomi Halakrispen    •    06 Januari 2019 10:49 WIB
liga indonesia
Kemenpora: PSSI Belum Perlu Dibekukan
Sesmenpora Gatot S Dewa Broto saat mengunjungi redaksi Media Indonesia (Foto: MI/Angga Yuniar)

Jakarta: Persoalan pengaturan skor di beberapa pertandingan liga sepak bola Indonesia masih menjadi perhatian. Lantaran demikian, Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Gatot S Dewabroto, menilai Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) belum perlu dibekukan.

"Kami pikir tidak perlu membekukan PSSI, karena sejauh ini tidak ada pelanggaran berat," ujar Gatot.

Ia memaparkan, kasus kali ini berbeda dengan kasus yang terjadi pada 2015 yang menyeret nama PSSI. Pasalnya, kala itu PSSI dinilai telah melakukan pelanggaran berat. 

Kemudian, PSSI juga tidak menyambut baik tiga surat peringatan yang diberikan dari Kemenpora terkait legalitas Arema dan Persebaya. Padahal, kata Gatot, gelar dua pertandingan Persebaya dan Arema belum memenuhi legalitas sebagai klub.

"Legalitasnya sebagai klub dan peserta kompetisi ternyata dilanggar. Akibatnya itu jadi pemicu pembekuan," tuturnya.

Mantan Deputi IV Kemenpora itu pun memaparkan adanya sarang praktik perjudian dan pengaturan skor. Sementara itu, pada kasus pengaturan skor kali ini masih ada pertimbangan.

"Kali ini meski ada masalah akut dalam pengaturan skor, kami melihat PSSI ada upaya kooperatif bersama Satgas (Antimafia Bola) menuntaskan pengaturan skor ini," imbuh dia.

Gatot pun menyatakan, belum ada urgensi dari pemerintah untuk membekukan PSSI. Selain itu, pembekuan terhadap PSSI pada 2015 lalu dinilai telah memberikan dampak tertentu. 

"PSSI jadi lebih terbuka dan persyaratan klub terpenuhi, tapi effort yang dihasilkan tidak sebanding dengan output yang ada. Sehingga kami hitung-hitung kami belum punya alasan untuk membekukan," pungkasnya.

Video: Persija Cari Pelatih Baru





Lawan Uji Coba Timnas U-22 Tidak Harus Klub Besar
Persiapan Piala AFF U-22

Lawan Uji Coba Timnas U-22 Tidak Harus Klub Besar

14 hours Ago

Indra Sjafri membantah bahwa Timnas U-22 akan beruji coba melawan Persija Jakarta dan Persebaya…

BERITA LAINNYA
Video /