Liga 1 Indonesia 2018

Kemenpora Desak PSSI Tuntaskan Kasus Pengaturan Skor

Kautsar Halim    •    30 November 2018 23:05 WIB
liga 1 indonesia
Kemenpora Desak PSSI Tuntaskan Kasus Pengaturan Skor
Gatot S. Dewabroto selaku Sekretaris Kemenpora. (MI/ANGGA YUNIAR)

Jakarta: PSSI kembali menjadi sorotan karena terulangnya kasus pengaturan skor di kancah sepak bola profesional Tanah Air. Kabar tersebut terendus lewat perhelatan Liga 2 Indonesia beberapa waktu lalu.

Mata Najwa menjadi tayangan televisi yang mengungkap kasus pengaturan skor. Acaranya dihadiri seluruh pihak yang terkait, termasuk manajer klub, mantan pelaku pengaturan skor, perwakilan PSSI dan Kemenpora.

Klik:  Callum Hudson-Odoi Belum Siap Bermain di Liga Inggris

Meskipun mendapat petunjuk dari tayangan yang pernah hadir di Metro TV itu, kasus pengaturan skor tetap tidak menemui titik penyelesaian. Sebab, pihak yang berwenang mengatasinya adalah Komisi Disiplin PSSI, dan itupun harus ada laporan resmi.

Sejatinya, kasus pengaturan skor juga pernah terjadi dalam laga PSS Sleman vs PSIS Semarang pada 2014 silam. Laga memalukan yang tenar hingga ke luar negeri itu dijuluki sepak bola gajah karena para pemainnya berlomba mencetak gol bunuh diri.

Hukuman, sanksi dan denda sudah dijatuhkan PSSI terhadap semua pihak yang terlibat sepak bola gajah. Tapi, kenangan pahit itu malah kembali terulang pada Liga 2 musim ini.

Medcom.id sempat menghubungi Gatot S. Dewabroto selaku Sekretaris Kemenpora untuk menanggapi kinerja PSSI yang terus mengulang kesalahan sama. Tapi tampaknya, dia masih percaya kepada PSSI.

Klik: 13 Tim telah Lolos ke Babak 32 Besar Liga Europa

Meski demikian, Gatot mewakili Kemenpora yang merupakan perpanjangan tangan pemerintah mendesak agar PSSI mengusut tuntas kasus ini dan memberikan hukuman-hukuman setimpal sehingga tidak terjadi lagi di masa depan.

"Semuanya tergantung PSSI. PSSI harus segera mengungkapnya (pengaturan skor). Jika dibiarkan, maka tidak ada efek jera," tulis Gatot melalui aplikasi Whatsapp. 

Ketika disinggung tentang kemungkinan Kemenpora kembali membekukan PSSI, Gatot menegaskan pihaknya belum tertarik untuk melakukan itu. Menurut dia, pembekuan bisa saja kembali terjadi apabila PSSI melakukan pelanggaran keras. 

"Sejauh ini enggak (ada rencana dibekukan). Kecuali jika kesalahannya sangat keterlaluan," pungkas Gatot.




(KAU)