Fakta Menarik Tiga Klub yang Promosi ke Liga 1 2019

Riyan Ferdianto    •    05 Desember 2018 12:59 WIB
liga indonesia
Fakta Menarik Tiga Klub yang Promosi ke Liga 1 2019
PSS Sleman berhasil menjadi juara Liga 2 Indonesia (Foto:Medcom.id/Zam)

Jakarta: Tiga tim sukses promosi ke kasta tertingga kompetisi sepak bola Indonesia, Liga 1 mulai musim depan. Ketiga klub tersebut adalah PSS Sleman, Semen Padang, dan Kalteng Putra. 

Tiket promosi diraih PSS usai memenangi duel melawan Kalteng Putra pada leg kedua semifinal Liga 2 di Stadion Maguwoharjo Sleman, Yogyakarta, Rabu, 28 November 2018. Ketika itu, PSS menang 2-0 atas tamunya. 

Tidak hanya itu, PSS Sleman menunjukkan tajinya sebagai tim kuat di Liga 2 Indonesia. Mereka sukses memastikan diri sebagai juara Liga 2 setelah menaklukkan Semen Padang dengan skor 2-0 di Stadion Pakansari, Selasa 4 Desember. 

Satu tiket ke Liga 1 juga didapat Semen Padang. Klub berjuluk Kabau Sirah memastikan diri promosi ke Liga 1 Indonesia 2019 setelah mampu mengalahkan Persita Tangerang dengan skor 3-1 pada leg kedua semifinal Liga 2, Rabu 28 November silam. 

Hasil ini membuat Semen Padang mempertegas kemenangan atas Persita dengan agregat 3-2, sekaligus melaju ke babak final. Namun, tim asuhan, Syafrianto harus mengakui keunggulan PSS Sleman dengan skor 2-0 di partai final. 

Satu tiket terakhir ke Liga 1 didapat Kalteng Putra. Kepastian itu didapat Enggang Borneo setelah mampu menaklukkan Persita dengan skor 2-0 pada babak perebutan peringkat ketiga Liga 2 Indonesia 2018, Selasa 4 Desember kemarin. 

Klik di sini: Jadwal Siaran Langsung MU vs Arsenal

Berikut adalah 5 fakta menarik dari tim yang berhasil mendapatkan tiket promosi ke Liga 1 musim depan:

-Untuk pertama kalinya Provinsi DIY dan Kalimantan Tengah memiliki wakil di kompetisi sepak bola kasta tertinggi Indonesia, sejak dimulainya era ISL yang sekarang berganti Liga 1. Mereka adalah PSS dan Kalteng Putra mengukir sejarah sebagai tim pertama dari provinsi itu yang mampu menembus kompetisi level tertinggi, sejak era ISL maupun Liga 1.

-PSS dan Kalteng Putra sama-sama pernah menjadi juara Divisi Utama yang dikelola Liga Prima Indonesia Sportindo. Kalteng Putra juara Divisi Utama LPIS pada 2012, sementara PSS adalah juara 2013. Tapi keduanya tidak pernah promosi ke ISL. Baru sekarang dua tim itu promosi sama-sama ke Liga 1.

-Semen Padang menyamai catatan Arema Malang, sebagai mantan tim Galatama yang terdegradasi ke kasta kedua, tapi hanya butuh satu tahun untuk kembali ke kasta tertinggi. Arema pernah terdegradasi dari Divisi Utama 2003, tapi di Divisi I 2003 menjadi juara dan promosi ke Divisi Utama 2014. Sedangkan Semen Padang terdegradasi dari Liga 1 2017, lalu di Liga 2 2018 menjadi runner-up dan berhak promosi ke Liga 1 2019.

-Promosinya PSS membuat Pulau Jawa hanya menyisakan Provinsi Banten yang tidak memiliki wakil di Liga 1. DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, dan Jawa Timur, semua memiliki wakil di Liga 1 2019. Peluang Banten mengirimkan wakil sebetulnya terbuka saat Persita main di play-off promosi melawan Kalteng Putra. Sayangnya Persita kalah dalam partai perebutan ketiga melawan Kalteng Putra.

-Tiga pelatih yang membawa timnya promosi ke Liga 1 2019, ternyata kontraknya sama-sama habis setelah Liga 2 2018 selesai. Mereka adalah Syafrianto Rusli (Semen Padang), Seto Nurdiyantoro (PSS), dan Kas Hartadi (Kalteng Putra). Belum ada jaminan buat mereka kembali menangani tim saat ini pada musim depan.

Video: Kutukan Juara Paruh Musim Liga 1
 


(FIR)