Pemain Indonesia dilarang berkarier di Malaysia

Menpora Pertanyakan Pencekalan Evan Dimas dan Ilham Udin ke Malaysia

Gregah Nurikhsani Estuning    •    19 Desember 2017 21:29 WIB
pssibursa transfer pemain
Menpora Pertanyakan Pencekalan Evan Dimas dan Ilham Udin ke Malaysia
Menpora Imam Nahrawi (jaket merah) saat membuka gelaran turnamen Yonex-Sunrise Doubles Special Championships 2017. (Foto: MTVN/Gregah Nurihsani)

Jakarta: Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi belum menerima laporan dari PSSI mengenai alasan pelarangan Evan Dimas dan Ilham Udin bermain di Malaysia. Cuma, ia menegaskan bahwa semua pemain Indonesia memiliki hak untuk berkarier di luar negeri.

Sebelumnya, polemik dua penggawa timnas Indonesia itu sempat memanas karena PSSI melarang Evan dan Ilham untuk bermain di luar negeri. Hal ini tentunya membuat Mulyawan Munial, sang agen bingung karena tidak mungkin kontrak kliennya dibatalkan dengan Selangor FA.

Belakangan Muly, sapaan akrabnya sudah bertemu dengan Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Ratu Tisha di Kantor PSSI, Grand Rubina, Jakarta Selatan, Selasa 19 Desember 2017. Ia menuturkan bahwa pihaknya dan PSSI bakal mencari solusi lain.
 

Baca: Mohamed Salah Bisa Jadi Superstar di Liverpool


Adapun, pencekalan tersebut dilatarbelakangi kecemasan dari PSSI bahwa Evan dan Ilham bakal kesulitan mengikuti program timnas jelang Asian Games 2018. Selain itu, Edy Rahmayadi, Ketum PSSI menilai Malaysia bukan tempat yang tepat untuk mengembangkan karier.

Namun demikian, Imam Nahrawi memiliki pendapatnya sendiri. Pria asal Bangkalan, Madura itu secara tegas mempersilakan pemain-pemain Indonesia untuk meneruskan karier di luar negeri asalkan wajib memenuhi satu syarat.
 

Baca juga: 2010: Gol Spektakuler Cristian Gonzales Antar Indonesia ke Final Piala AFF


"Tidak harus dipersoalkan. Ini tentang profesionalisme seorang atlet yang harus dihargai, jadi menurut saya tidak ada masalah, mereka mau main di mana pun, asal kalau ada panggilan timnas, wajib pulang ke tanah air," kata Cak Imam di Candra Wijaya International Bandminton Centre.

"Saya belum menerima laporan adanya alasan pelarangan itu, karena bagi saya ini soal profesionalisme. Sama seperti halnya klub mengimpor pemain asing, kenapa pemain kita kok tidak diberikan ruang bermain di klub luar?" pungkasnya.

Evan dan Ilham bukan pemain pertama yang bermain di Selangor. Jauh sebelumnya, sudah ada Bambang Pamungkas, Elie Aiboy, dan Andik Vermansyah.

Video: ?Lionel Messi Pemain Terbaik La Liga 2016/2017 versi Marca
 


(ACF)