Jelang Piala AFF 2017

Formasi Sang Garuda, Senjata Andalan Timnas U-19

Ahmad Mustaqim    •    23 Agustus 2017 23:58 WIB
timnas u-19bolatimnas indonesia
Formasi Sang Garuda, Senjata Andalan Timnas U-19
Suasana latihan Timnas U-19-MTVN/Ahmad Mustaqim

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Persiapan Tim Nasional U-19 untuk berlaga di Piala AFF U-18 Myanmar memasuki tahap akhir. Setidaknya, anak asuh pelatih Indra Sjafri sudah menjalani pemusatan latihan di Yogyakarta sejak 31 Juli 2017. Pemusatan latihan di Yogyakarta sudah dijalani selama empat pekan. 

Dari serangkaian latihan di Yogya, Indra Sjafri telah menemukan formasi tim dan pos-pos mana saja yang bakal diisi para pemain pilihannya. Dalam hal formasi, Indra Sjafri memiliki tiga alternatif.

"Formasi sudah siap. Tak cuma satu atau dua, ini sebagai alternatif," kata Indra Sjafri ditemui usai memimpin latihan di Lapangan Sepak Bola Universitas Negeri Yogyakarta, pada Rabu 23 Agustus 2017. 

Baca juga: Timnas U-22 Perlu Merotasi Pemain Lawan Kamboja

Formasi pertama yang disiapkan Indra yakni formasi 4-1-3-1-1. Formasi ini telah dicoba dalam sejumlah latihan yang dijalani di Yogyakarta. "Formasi ini kami sebut Formasi Sang Garuda," ujarnya. 

Selain formasi itu, ada dua formasi lain yang jadi pilihan. Yakni 4-3-3 dan formasi klasik 4-4-2. "Kita siapkan tiga strategi. Tergantung nanti di lapangan," katanya. 

Dari ketiga formasi itu, menjadi rahasia Indra Sjafri mana yang akan menjadi pilihan utama. Lelaki asal Padang, Sumatra Barat ini, bersama Timnas U-19 bakal meninggalkan Yogyakarta, besok Kamis 24 Agustus 2017. 

Skuat Garuda Muda lebih dulu menyelesaikan laga uji coba pada 26 Agustus 2017 di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Mereka baru bertolak ke Myanmar pada 2 September mendatang.

Video: Skenario Timnas untuk Lolos ke Semifinal
 


(RIZ)

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16
Timnas U-16

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16

2 days Ago

Terhitung dari 17 kali penyelenggaraan yang sudah berlangsung. Indonesia hanya mampu lolos ke p…

BERITA LAINNYA
Video /