Kontroversi Persija vs Persib

Soal Aksi Mogok Persib, Komdis PSSI Masih Menggali Informasi

Patrick Pinaria    •    08 November 2017 12:21 WIB
persijapersib bandungliga 1 indonesia 2017
Soal Aksi Mogok Persib, Komdis PSSI Masih Menggali Informasi
Suasana pertandingan Persija vs Persib. (Foto: Ant/Mohammad Ayudha)

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi Disiplin (Komdis) PSSI telah menggelar sidang di Kantor PSSI, Kuningan, Jakarta, Selasa 7 November. Sidang tersebut digelar untuk membahas mengenai putusan sanksi untuk Persib Bandung yang memutuskan mengundurkan diri di tengah laga (walk out) saat menghadapi Persija Jakarta 3 November. Namun, belum ada keputusan yang bisa diambil pada sidang itu.

Menurut Ketua Komdis PSSI Asep Edwin, pihaknya masih butuh waktu untuk mencari informasi lebih banyak mengenai kasus dalam laga tersebut. Sebab, ada banyak informasi mengenai pelanggaran yang masih harus diusut pada laga tersebut. 

Beberapa di antaranya adalah mengenai makian yang dilontarkan bek Persib Vladimir Vujovic kepada wasit pertandingan, pelemparan botol yang dilakukan suporter, dan aksi walk out pemain Persib.

"Berdasarkan laporan perangkat pertandingan, poin-poin mengenai pelanggaran yang dilakukan oleh Persib sudah kami kantongi. Tetapi kami masih dalam tahapan pencarian informasi yang lebih mendalam," ujar Asep.

"Kejadian pada pertandingan itu ada banyak. Pertama; soal Vujovic yang memaki wasit usai terkena kartu merah, kemudian mengenai pelemparan botol, lalu mengenai aksi mogok," tambahnya.

Baca: Daftar Kandidat Pemain Terbaik Liga 1 2017


Lebih lanjut, Asep memastikan akan terus menggelar sidang hingga putusan sanksinya disepakati. Namun, ia juga menegaskan tidak akan bisa mengonfirmasi langsung jika sanksinya sudah diputuskan. Sebab, yang berwenang mengonfirmasi adalah PSSI.

"Jadi, untuk kasus Persib ini, kami mohon maaf, sesuai Kode Etik, kami tidak bisa sampaikan putusannya karena PSSI yang memiliki kewenangannya. Jadi begitu sidang ini selesai dan sudah ada putusannya, PSSI akan secara resmi memberitahu kepada klub terlebih dahulu lalu kepada publik," tutur Asep.

Persib memutuskan walk out saat menghadapi Persija pada pekan ke-33 Liga 1 Indonesia 2017, Jumat 3 November. Keputusan itu diambil mereka lantaran kecewa dengan kinerja wasit.

Baca: Protes BFC Direspons Komdis, Mitra Kukar Dinyatakan Kalah


Namun, apapun alasannya, keputusan tersebut tentu akan membuat nasib Persib di kompetisi Liga 1 Indonesia terancam. Bahkan, Maung Bandung terancam dinyatakan mundur dari kompetisi seperti tertuang dalam regulasi liga pasal 13 ayat 1 B dan C.

Dalam pasal itu menyatakan setiap klub dapat dianggap dan dinyatakan mengundurkan diri dari Liga 1 apabila menolak untuk melanjutkan pertandingan di Liga 1 atau meninggalkan lapangan atau stadion sebelum selesainya pertandingan yang dijalankan.         

Video: Rusuh Jelang Akhir Liga 1



(ASM)

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG
Liga Champions 2017--2018

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG

1 day Ago

Cristiano Ronaldo menegaskan dia dan rekan setimnya tidak takut jika harus berhadapan dengan Pa…

BERITA LAINNYA
Video /