KITAS Pemain Asing Bermasalah

Selain Essien & Cole, Ada 23 Pemain Asing Lain yang Belum Punya KITAS

A. Firdaus    •    18 April 2017 18:16 WIB
liga 1 indonesia 2017
Selain Essien & Cole, Ada 23 Pemain Asing Lain yang Belum Punya KITAS
Michael Essien, salah satu dari 25 pemain asing di Liga 1 yang belum memiliki KITAS (Foto: AFP PHOTO / TIMUR MATAHARI)

Metrotvnews.com, Jakarta: Badan Profesional Olahraga Indonesia (BOPI) menyatakan bukan hanya Michael Essien dan Carlton Cole yang belum memiliki Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS). Ternyata ada puluhan pemain asing yang belum memegang KITAS.

Sekretaris Jenderal BOPI, Heru Nugroho mengaku setidaknya ada 25 pemain dari 11 klub yang belum memiliki KITAS, dan terancam akan dideportasi oleh pihak imigrasi.

"Total ada 25 pemain yang belum punya KITAS dari 11 klub. Tapi saya tidak bisa sebutkan. Liga 1 semua, Liga 2 kan tidak ada pemain asing. 25 pemain itu termasuk Essien dan Cole," ujar Heru Nugroho di gedung Kemenpora.

"Mereka katanya sedang dalam proses pengurusan. Tapi kan yang jadi persoalan buat kami bukan itu. Sewaktu kami keluarkan permohonan rekomendasi kan kami sudah sepakat, bahwa pemain asing yang belum pegang KITAS ya jangan diturunkan dulu sampai mereka pegang KITAS," tegasnya.
 

Baca: Essien dan Cole Diperiksa Kantor Imigrasi Bandung


Nyatanya pemain-pemain seperti Essien dan Cole diturunkan oleh pelatih Djadjang Nurdjaman ketika Persib kontra Arema pada akhir pekan lalu. Tepatnya pada pekan pembuka Liga 1 Indonesia 2017. Itulah yang membuat BOPI merasa perlu untuk mengusut tuntas masalah ini.

Meski demikian, BOPI menyerahkan semua kasus ini ke pihak yang berkaitan. Dalam hal ini menjadi ranah Direktorat Jenderal Imigrasi. BOPI juga telah mengirim surat ke Kementerian Tenaga Kerja.
 

Baca juga: Essien dan Cole Belum Punya KITAS, Persib: Kita Sudah Minta Izin ke PSSI!


"Sampai akhirnya kami dari BOPI, sesuai dengan kesepakatan yang sudah dibuat antara BOPI dengan pihak kementerian tenaga kerja, khususnya yang menangani tenaga asing, kemudian dengan imigrasi, kami sudah sepakat bahwa mereka meminta bantuan BOPI dalam konteks mengawasi pemain-pemain asing yang turun di liga profesional," sambung Heru.

"Kalau memang ada pelanggaran, tolong dilaporkan yang berwenang. Itu yang sudah kami lakukan. Kemarin kami sudah buat surat dan kirim surat ke Kementerian Tenaga Kerja untuk diproses lebih lanjut. Karena otoritas atau kewenangan untuk menindak itu bukan dari BOPI tapi ada di lembaga tersebut. Jadi bagaimana penanganan selanjutnya sudah kami kembalikan ke lembaga tersebut," terangnya.

Video: ?Preview Real Madrid vs Bayern Muenchen
 


(ACF)

Sejumlah Transfer Pemain di Liga Eropa

Sejumlah Transfer Pemain di Liga Eropa

5 hours Ago

Juventus selangkah lagi mendapatkan striker muda Republik Ceko Patrik Schick dan turut mendapat…

BERITA LAINNYA
Video /