Jelang laga fase grup A Piala AFF: Indonesia vs Filipina

Mengenang Duel Indonesia vs Filipina di Semifinal Piala AFF 2010

A. Firdaus    •    22 November 2016 10:54 WIB
timnas indonesia
Mengenang Duel Indonesia vs Filipina di Semifinal Piala AFF 2010
Christian Gonzales yang saat itu menjadi bintang pada semifinal Piala AFF 2010 lalu (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Jakarta: Indonesia akan meladeni tuan rumah Filipina pada laga kedua Piala AFF 2016, Selasa 22 November malam nanti. Dari lima pertemuan terakhir, timnas Merah Putih cukup dominan ketika menghadapi tim berjuluk The Azkals tersebut.

Dari kelima pertemuan terakhir itu, Indonesia berhasil meraih tiga kemenangan atas Filipina, di mana dua di antaranya terjadi pada partai semifinal Piala AFF 2010. Menariknya kedua laga tersebut dimainkan di stadion Gelora Bung Karno, Jakarta.

Klik di sini: Jadwal Siaran Langsung Indonesia vs Filipina Malam Nanti

Padahal sejak 2007, Piala AFF telah mengusung format sistem kandang-tandang pada semifinal dan final. Namun ketika itu federasi sepak bola ASEAN (AFF) menganggap stadion-stadion di Filipina tidak layak menggelar turnamen dua tahunan se-Asia Tenggara ini. Jelas keputusan tersebut memberikan berkah tersendiri bagi Indonesia, karena bisa tampil di puluhan ribu pendukung Merah Putih yang saat itu tengah menggelora dengan pencapaian timnas Indonesia.

Euforia tersebut kian membesar, sebab saat itu skuat asuhan Alfred Riedl mampu memenangi dua laga yang masing-masing gol diciptakan Cristian Gonzales ke gawang Neil Etheridge. Meski di final Indonesia gagal setelah ditundukkan Malaysia dengan agregat 4-2 dari dua partai final yang dimainkan.

Kini sepak bola Filipina telah berkembang pesat dan menjadi salah satu olahraga yang menyedot banyak penggemar, setelah tinju dan basket. Salah satu buktinya adalah dengan pencapaian mereka di tiga gelaran terakhir Piala AFF, di mana mereka mampu melangkah hingga ke semifinal. Bahkan pada Piala AFF 2014 silam, Filipina mampu mencuri perhatian setelah berhasil menggulung Indonesia dengan empat gol tanpa balas.

Perkembangan sepak bola juga membuat pemerintah Filipina lebih serius memfasilitasi para atlet dari lapangan hijau ini. Termasuk membuat stadion sepak bola bertaraf internasional.

Sampai Mei 2015, Filipina biasanya menggelar pertandingan internasional di Rizal Memorial Stadium yang hanya berkapasitas 12 ribu tempat duduk. Tapi kini mereka sudah membangun Philippine Sports Stadium di Bocaue, Bulacan untuk menjadi kandang baru mereka yang mampu menampung 20 ribu tempat duduk.

Pada event kali ini, stadion yang resmi dibuka pada Juli 2014 ini telah menggelar dua pertandingan. Yaitu antara Thailand kontra Indonesia (skor 4-2) dan Filipina vs Singapura (0-0). Stadion tersebut juga masih akan memainkan tiga laga fase grup A. Termasuk antara Filipina dengan Indonesia yang akan berlangsung pada malam nanti pukul 19:00 WIB.

Klik di sini: Riedl akan Maksimalkan Lini Serang Jelang Kontra Filipina

Tentu, rekor pertemuan yang selama ini menjadi milik Indonesia, bukan menjadi patokan skuat Garuda bisa menang atas Filipina. Apalagi Phil Younghusband dkk akan bermain di depan pendukungnya sendiri. Sesuatu yang mereka dambakan selama ini.

Video: Rekor Pertemuan Indonesia vs Filipina
 


(FIT)

Video /