Suporter Tewas

Pemuda Tewas di Jalan Solo Suporter PSS Sleman

Ahmad Mustaqim    •    21 Januari 2019 17:29 WIB
bolaliga indonesiapssi
Pemuda Tewas di Jalan Solo Suporter PSS Sleman
Ilustrasi (ISTIMEWA)

Sleman: Kepolisian memastikan pemuda asal Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Muhammad Asadulloh Alkhoiri, yang tewas akibat terkena lemparan batu di Jalan Solo, adalah suporter PSS Sleman. Namun, korban tak menggunakan atribut saat perjalanan pulang menuju Jatinom, Kabupaten Klaten. 

"Korban tak memakai atribut (saat pulang). Selepas nonton (pertandingan) dilepas. Kita tahu dia fansnya Sleman dari motornya ada slayer di bagasi," kata Kapolres Sleman AKBP Rizky Ferdiansyah, saat dihubungi, Senin 21 Januari 2019. 

Rizky mengatakan sudah memberikan imbauan kepada suporter untuk tidak mengenakan atribut usai pertandingan celebration game antara PSS Sleman kontra Persis Solo di Stadion Maguwoharjo Sleman, Sabtu 19 Januari 2019. Langkah itu diambil agar tak memancing konflik. 

Ia mengatakan kepolisian sudah mengawal kelompok Persis Solo, Pasoepati hingga perbatasan Yogyakarta. Lantaran jumlahnya terlalu besar, tak semua suporter bisa diawasi.

Baca juga: Septian David Maulana Resmi Merapat ke PSIS Semarang

"Korban menyalip rombongan Pasoepati. Suporter Pasoepati kita giring hingga melewati perbatasan. Memang terlalu panjang. Mereka gabung kelompok Solo, rumahnya (korban) kan memang Klaten," kata dia. 

Rizky menyatakan akan memeriksa suporter Persis Solo dalam beberapa waktu ke depan. Pemeriksaan ini untuk membantu melihat kejadian awal. 

Pihaknya belum tahu secara detil kronologis kejadian. "Kita akan cari orang yang tahu kejadiannya dan lihat saat itu," ujarnya. 

Baca juga: PSSI Belum Butuh Ketum Terpilih yang Baru

Ia belum bisa menduga siapa pelaku pelemparan batu. Rizky telah memerintahkan jajaran Reserse Kriminal Polres Sleman segera mencari dan menangkap pelaku. 

Sebelumnya, pemuda asal Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Muhammad Asadulloh Alkhoiri, tewas saat hendak pulang usai laga celebration game antara PSS Sleman melawan Persis Solo pada, 19 Januari 2019. 

Pemuda berusia 20 tahun ini tewas dengan sejumlah luka diduga akibat lemparan batu. Lewat akun media sosial resmi, PSS menyatakan berduka cita atas kejadian itu.

Video: Desakan Regime Change di PSSI
 


(RIZ)