Timnas U-16

Cara Unik Fakhri Bangun Kebersamaan Timnas U-16

Gregorius Gelino    •    04 Oktober 2018 17:29 WIB
timnas indonesia
Cara Unik Fakhri Bangun Kebersamaan Timnas U-16
Pelatih timnas U-16, Fakhri Husaini (Medcom.id/Gregorius Gelino)

Jakarta: Pelatih tim nasional Indonesia U-16, Fakhri Husaini, mengungkapkan kunci sukses timnya menjuarai Piala AFF U-15 dan mencapai babak perempat final Piala Asia U-16. Pria yang bekerja di PT. Pupuk Kaltim ini mengatakan bahwa kebersamaan tim merupakan hal utama.

Mantan gelandang andalan Timnas Indonesia pemain ini mengaku membangun mental timnya melalui hal-hal sederhana. Meski demikian, ia merasa bahwa caranya untuk merekatkan hubungan para pemain cukup efektif.

Baca juga: Fakhri Husaini Belum Mau Melatih Klub

"Awal saya membangun tim ini saya bangun mentalnya dulu. Misalnya makan, saya tidak izinkan mereka menyisakan makanan. Makanan yang diambil harus dihabiskan," ujarnya ketika ditemui Medcom.id dalam acara makan bersama di rumah Menpora, Rabu (3/10), malam.

"Kalau ada sampah mereka harus buang di tempatnya. Kelihatannya tidak terkait, tapi itu cukup penting (untuk membangun mental)," tandasnya.

"Sepak bola adalah olahraga tim. Tidak ada ceritanya sebuah tim bisa sukses tanpa kebersamaan. Kebersamaan tim juga tidak hanya di dalam lapangan saja, tapi di luar harus tetap solid," lanjutnya.

"Kamar tim selalu dirotasi. Saya tidak ingin mereka (para pemain) sekamar dengan teman yang sama terus," pungkasnya.

Video: Suporter Bola di Indramayu Gelar Deklarasi Damai

 


(ACF)


Video /