Persija Jakarta 2019

Berlatih di Rumput Sintetis, Kaki Pemain Persija 'Kesakitan'

Kautsar Halim    •    07 Januari 2019 22:50 WIB
bolapersijaliga 1 indonesia
Berlatih di Rumput Sintetis, Kaki Pemain Persija 'Kesakitan'
Asisten pelatih Persija Jakarta Mustaqim-Medcom.id/KAUTSAR HALIM

Jakarta: Asisten pelatih Persija Jakarta Mustaqim, memaparkan hasil latihan perdana timnya memasuki musim 2019. Menurutnya, para pemain Macan Kemayoran masih banyak mengeluh di bagian kakinya 'kesakitan' alias tidak nyaman berlatih di lapangan rumput sintetis.

Ya, tahun 2019 ini, Persija menggelar latihan perdana di Lapangan Wisma Aldiron, Pancoran, Jakarta Selatan, Senin 7 Januari. Lapangan ternyata menggunakan rumput sintetis. Padahal musim lalu, di Lapangan Sutasoma, Persija berlatih di lapangan yang menggunakan rumput alami.

Mustaqim menjelaskan, para pemain sengaja memilih berlatih di rumput sintetis agar tidak mengulangi kegagalan musim lalu. Saat itu Persija kalah dari Home United pada play-off Liga Champions Asia. Faktor penggunaan rumput sintetis di kandang Home United dianggap menjadi penyebab kekalahan.

Baca juga: Kolev dan Teco di Mata Ismed Sofyan

Latihan perdana Persija hanya berlangsung dua jam, dimulai sejak pukul 16.00 WIB. Mustaqim mengakui, para pemainnya masih mengeluhkan kakinya yang kepanasan, karena tidak terbiasa main di rumput sintetis.

"Latihan pertama tadi, para pemain kelihatan kepanasan, khususnya di bagian sepatu (kaki). (sekitar) 60 persen dari mereka mengeluh sepatunya panas," kata Mustaqim seusai latihan.

"Tapi tidak ada alasan lagi untuk tampil di lapangan sintetis, karena kami punya pengalaman buruk dengan Home United pada musim lalu. Nantinya, kendala ini juga bisa diatasi dengan menggunakan model sepatu yang tepat," tambahnya.

Lantaran sukses menjuarai Liga 1 Indonesia musim lalu, Persija berhak mewakili Indonesia di fase play-off Liga Champions Asia 2019. Menariknya, Persija kembali akan berhadapan dengan Home United pada 5 Februari mendatang.

Video: Persija Datangkan Bruno Matos
 


(RIZ)