Madura United vs PSM Makassar

Bekuk PSM, Madura Masuk Empat Besar

Gregorius Gelino    •    29 Oktober 2018 20:27 WIB
liga indonesia
Bekuk PSM, Madura Masuk Empat Besar
Liga 1 Indonesia (dok. medcom.id)

Madura: Madura United menjamu PSM Makassar di Stadion Bangkalan, Senin (29/10) sore tadi. Laskar Sapeh Kerrab berhasil membenamkan Juku Eja dengan skor 3-0 melalui dua gol Mamadou Samassa dan Zah Rahan Krangar.

Ada hal menarik yang terjadi sebelum laga dimulai. Kedua tim mengheningkan cipta sejenak untuk menghormati korban pesawat Lion Air JT 610 yang jatuh di Karawang, Senin (29/10) pagi tadi.

Madura United menguasai penuh jalannya laga di babak pertama. Mereka bahkan sudah mendapat peluang di menit delapan melalui sepakan jarak jauh Fabiano Beltrame. Sayang tendangan kapten Madura itu masih membentur mistar gawang PSM.

Laskar Sapeh Kerrab kembali mendapat peluang di menit 11. Sayangnya umpan silang Zah Rahan masih bisa ditepis kiper Juku Eja, Rivki Mokodompit.

Muhammad Rachmat nyaris membuka rekening gol PSM di menit 12. Sayang sepakannya setelah melakukan umpan satu-dua dengan Guy Junior masih menyamping tipis dari gawang Madura yang dikawan Satria Tama.

Madura nyaris membuka skor di menit 20 melalui sepakan Slamet Nurcahyo. Beruntung Rivky berhasil menepis tendangan kapten Madura itu. Bola muntah sempat mengarah ke Bayu Gatra, sayang tembakannya masih melambung.

Dua menit berselang, Madura kembali mendapatkan peluang. Sayang tendangan Alfath Fathier masih mengarah tepat ke pelukan Rivky. 

Asep Berlian hampir membawa Madura unggul di menit 23 melalui sepakan jarak jauh. Namun tendangan Asep mengarah ke pelukan Rivky.

Madura menguasai penuh permainan di babak pertama. Fachrudin Aryanto nyaris mencetak gol di menit 30 setelah memanfaatkan sepak pojok Zah Rahan. Namun sundulan bek Madura itu masih bisa diselamatkan Rivky.

Gol yang dinanti Madura akhirnya datang di menit 41 melalui Mamadou Samassa. Penyerang Senegal itu sukses memanfaatkan umpan silang Slamet Nurcahyo untuk menjebol gawang PSM. 

Baca juga: Hattrick Matias Conti Bawa Borneo Taklukkan Bhayangkara

Hingga turun minum, skor 1-0 untuk keunggulan Madura masih bertahan.

Baca juga: Akhiri Krisis, Sriwijaya Bantai 10 Pemain Perseru

Tertinggal satu gol membuat PSM bermain dengan tempo cepat sejak awal babak kedua. Pasukan Robert Rene Alberts mendapat peluang di menit 49 melalui tendangan bebas. Sayang tendangan Marc Klok yang maju sebagai eksekutor masih belum bisa menemui sasaran.

Fabiano hampir menambah keunggulan Madura di menit ke-60 melalui tendangan bebas. Beruntung bagi PSM karena tendangannya masih bisa ditepis Rivky.

Rivky kembali menjadi penyelamat PSM. Kiper 29 tahun itu kembali menggagalkan peluang Madura di menit 65. Sepakan Bayu Gatra dari dalam kotak penalti berhasil digagalkannya.

Zah Rahan membuat pendukung tuan rumah bersorak di menit 86. Pemain 29 tahun asal Liberia itu mencetak gol kedua Madura setelah memanfaatkan bola muntah hasil tendangan jarak jauh Asep Berlian yang membentur mistar gawang.

Mamadou Samassa kembali mencatatkan namanya di papan skor di menit 90 setelah menyelesaikan umpan silang Alfath Fathier. Madura memimpin tiga gol tanpa balas atas PSM.

Hingga pertandingan berakhir, skor 3-0 bertahan bagi Madura. Pasukan Milomir Seslija itu sukses merangsek ke empat besar klasemen dengan koleksi 43 poin dari 28 laga. Sementara PSM masih kokoh di puncak klasemen dengan nilai 50 dari 28 pertandingan.

Susunan pemain:
Madura United (4-3-3)
: Satria Tama; Benny Wahyudi, Fachrudin Aryanto, Fabiano Da Rosa, Guntur Ariyadi; Zah Rahan Krangar, Slamet Nurcahyo, Asep Berlian; Bayu Gatra, Mamadou Samassa, Alfath Fathier

PSM Makassar (4-3-3): Rivky Mokodompit; Zulkifli Syukur, Steven Paulle, Abdul Rahman, Reva Adi Utama; Marc Klok, Wiljan Pluim, Muhammad Arfan; Saldi, Guy Junior, Muhammad Rachmat

Video: Mimpi Indonesia U-19 ke Piala Dunia Kandas

 



Video /