KLB PSSI

Pelaksanaan KLB Harus Tunggu Rekomendasi FIFA

Rendy Renuki H    •    20 Februari 2019 18:04 WIB
sepak bolaliga indonesiapssi Pengaturan Skor Sepak Bola
Pelaksanaan KLB Harus Tunggu Rekomendasi FIFA
Anggota Exco PSSI, Papat Yunisal (dua dari kiri) saat menghadiri konferensi pers jelang turnamen Piala AFF Putri U-16. (Foto: Koresponden MI/Dwi Apriani)

Rekomendasi FIFA penting hukumnya. Karena sebelumnya PSSI sempat mendapat peringatan agar tidak menggelar kembali KLB usai dilakukan 2016 lalu.

Jakarta: Komite Eksekutif (Exco) PSSI memutuskan akan menggelar Kongres Luar Biasa (KLB) guna memperbaiki masalah di internal federasi sepak bola tertinggi Indonesia tersebut. Namun, keputusan kapan KLB digelar, masih harus menunggu rekomendasi dari federasi sepak bola dunia (FIFA).

Exco memutuskan menggelar KLB untuk memilih kepengurusan baru PSSI, termasuk ketua umum. Exco juga akan membentuk Komite Pemilihan (KP) dan Komite Banding Pemilihan (KBP) pada KLB tersebut.

Meski telah sepakat menggelar KLB, namun Exco tak bisa langsung bergerak. Salah satu anggota Exco Refrizal, mengatakan pihaknya tidak bisa menentukan sendiri waktu pelaksanaan karena bisa melanggar statuta PSSI.

"Waktu kita tidak boleh menentukan. Saya tidak mau sebut tanggal, kita sesuaikan dengan statuta yang ada di PSSI," kata Refrizal saat dihubungi, Rabu 20 Februari 2019.

Baca juga: Gelar KLB, PSSI Kirim Perwakilan ke FIFA

"Mengapa sesuai dengan statuta? Kalau kita melanggar bisa kena sanksi dari FIFA, karena induk kita kan FIFA," sambungnya.

Ia menjelaskan jika rekomendasi FIFA penting hukumnya. Karena sebelumnya PSSI sempat mendapat peringatan agar tidak menggelar kembali KLB usai dilakukan 2016 lalu.

"FIFA sebenarnya sudah me-warning kita saat KLB kemarin (2016 di Ancol), mereka berharap (itu) yang terakhir. Padahal kita sedang dapat apresiasi dari FIFA, seperti menjalankan pengembangan usia muda. PSSI sedang tekun dalam hal pembinaan usia muda," ucap Refrizal.

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

Video: Siapa Cocok Pimpin PSSI?

 


(RIZ)