Liga 1 Indonesia 2018

Wasit Bali United vs Persija Akui Sudah Berikan Tambahan Waktu

Rendy Renuki H    •    05 Desember 2018 08:46 WIB
liga 1 indonesia
Wasit Bali United vs Persija Akui Sudah Berikan Tambahan Waktu
Laga Bali United kontra Persija di Liga 1 akhir pekan lalu (Dok. Persija)

Jakarta: Wasit Jumadi Effendi mengakui telah memberikan tambahan waktu pada laga Bali United kontra Persija, Minggu 2 Desember. Meski tidak diumumkan, ia mengatakan telah memberikan tambahan waktu yang membuat laga berakhir hingga menit ke-104.

Kejadian janggal memang terlihat pada pertandigan di Stadion Wayan Dipta, Gianyar. Di mana wasit Jumadi menghentikan laga tanpa adanya pemberitahuan tambahan waktu (additional time) di pinggir lapangan.

Apalagi, pada laga yang dimengangkan Persija 2-1 itu, pertandingan sempat dihentikan Jumadi sebanyak enam kali. Sehingga banyak waktu normal terbuang dan dirinya sempat mendapatkan protes dari tuan rumah.

"Kemarin itu menit di saya sudah habis. Kebetulan saya lihat Andritany sudah terkapar, jadi saya tidak mungkin lagi menambah additional time. Yang penting waktu normal saya sudah selesai. Jam wasit sama orang lain kan beda," ujar Jumadi kepada Medcom.id, Selasa 4 Desember.

"Babak pertama saya matikan tujuh sampai delapan menit, babak kedua total hampir 14 menit. Kan ada waktu yang hilang 14 menit yang harus diganti. Kan pertandingan harus 90 menit, di layar saja 104 menit malah waktunya. Kalau enggak ada tambahan, ya menit 90 saya matikan saja," sambungnya.

Efek pertandingan yang dipimpin Jumadi itu pun membuat Persija berhasil merebut puncak klasemen Liga 1 dari PSM. Macan Kemayoran saat ini meraih 59 poin, unggul satu poin dari PSM di posisi kedua yang tinggal menyisakan satu pekan lagi.

 


(REN)