Jelang Piala AFF U-15

Suka Duka Brylian Aldama sebagai Kapten Timnas U-16

Kautsar Halim    •    08 Juli 2017 00:11 WIB
timnas indonesiapiala aff u-15
Suka Duka Brylian Aldama sebagai Kapten Timnas U-16
Brylian Aldama, kapten Timnas U-16 (Foto: MTVN/Kautsar Halim)

Metrotvnews.com, Jakarta: Brylian Neghieta Dwiki Aldana menyimpan kisah menarik semenjak ditugaskan menjadi kapten timnas. Sekilas tugas itu memang terdenger keren, namun pada pelaksanaannya malah butuh tanggung jawab lebih besar ketimbang penggawa lainnya.

Brylian yang berasal dari Jawa Timur sudah dipercaya menjadi kapten oleh pelatih Fakhri Husaini semenjak timnas U-16 terbentuk sekitar awal tahun lalu. Namun, ban kapten itu tidak diberikan secara langsung, melainkan lewat berbagai evaluasi di tiap laga uji coba

"Saya senang, tapi tidak menyangka bisa menjadi kapten. Tadinya tugas itu hanya diberikan setiap melakoni pertandingan lokal saja. Lalu, saat melawan Filipina masih dikasih. Kemudian itu berlanjut ketika kami melawan Vietnam juga," papar Brylian seusai acara pelepasan timnas U-16 di Gedung Flamboyan Makopassus, Cijantung, Jakarta Timur, Kamis (6/7/2017).

Menurut Brylian, seorang kapten memiliki tugas yang berbeda ketimbang penggawa lain. Pasalnya selain harus mengontrol irama permainan di lapangan, ia juga harus menjaga kebersamaan di antara para penggawa ketika sedang tidak berlatih atau bertanding.
 

Baca: Penggawa Timnas U-16 Belum Dapat Sekolah, Ketum PSSI Murka


Tentu tidak mudah untuk menjaga kekompakkan di antara para penggawa timnas U-16 yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia. Oleh karena itu, tugas sebagai kapten dirasakan Brylian gampang-gampang susah dilakukan.

"Untuk membangun kebersamaan ketika tidak bertanding, pergi nonton di Mall Cijantung ketika libur. Kemudian, itu juga bisa dilakukan lewat acara pembekalan motivasi juga dengan manajer," aku Brylian.

"Tapi, itu tidak semuanya berjalan lancar. Soalnya waktu bulan puasa pernah ada satu orang yang ngambek. Saya enggak bisa menyebutkan namanya siapa, tapi waktu itu dia malah keluar beli makanan ketika saya ajak solat tarawih bersama," tambahnya.
 

Baca juga: Ketum PSSI Permasalahkan Gaya Rambut Penggawa Timnas U-16


"Jadi ada yang tidak bisa diatur, biasanya saya siasati dengan berbicara secara halus. Tapi, jika sudah tidak mendengarkan saya, baru dilaporkan ke pelatih," lanjut pemain yang berposisi sebagai gelandang tersebut.

Brylian dan seluruh rekannya bakal bertanding di Piala AFF U-15 yang berlangsung di Thailand pada 9 - 22 Juli mendatang. Indonesia, pada fase penyisihan grup, tergabung dalam Grup A bersama Australia, Thailand, Laos, Myanmar dan Singapura. Garuda Asia ditargetkan menjadi juara dalam turnamen sepak bola se-Asia Tenggara tersebut.

"Saya bilang ke teman-teman, target itu jangan dibuat beban karena akan berpengaruh terhadap permaianan. Kita main seperti latihan, main happy, dan kerahkan semua kemampuan," pungkas Brylian.

Video: PSSI Lepas Keberangkatan Timnas U-15
 


(ACF)

Chelsea Ikut Ramaikan Perburuan Renato Sanches
Bursa Transfer Pemain

Chelsea Ikut Ramaikan Perburuan Renato Sanches

22 minutes Ago

Kabar mengenai masa depan Renato Sanches rupanya dibenarkan CEO Muenchen Karl-Heinz Rummenigge.…

BERITA LAINNYA
Video /