Respons Kemenpora Usai Bertemu PSSI Soal Pembekuan

Rendy Renuki H    •    04 Agustus 2018 14:32 WIB
pssi
Respons Kemenpora Usai Bertemu PSSI Soal Pembekuan
Sekretaris Menpora, Gatot S Dewa Broto (tengah) (Antara/Reno Esnir)

Jakarta: Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) memberikan respons usai melakukan pertemuan dengan PSSI terkait isu pembekuan. Sekretaris Menpora Gatot Subroto Dewa Broto, menegaskan pihaknya ingin PSSI memperbaiki kualitas dalam segala hal.

Isu pembekuan kembali PSSI merebak beberapa hari terakhir karena Menpora Imam Nahrawi menilai PSSI telah jauh dari norma sportivitas. Apalagi Cak Imam mencium adanya praktik perjudian dan pengaturan skor di tubuh PSSI.

Hal itu membuat Kemenpora sempat melempar wacana untuk membekukan PSSI, seperti yang sempat dilakukan 2015 lalu. Namun, isu tampaknya sudah bisa diredam setelah kedua pihak melakukan pertemuan.

Klik: Temui Menpora, PSSI Bahas Isu Pembekuan

"Intinya PSSI harus lebih peduli tentang masalah apa pun. Scope mereka kan banyak, jangan sampai kalau ada masalah menjadi suatu hal yang terus bergulir. Jangan sampai nantinya yang disalahkan Kemenpora," ujar Gatot usai pertemuan, Jumat (3/8) sore.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum PSSI Joko Driyono mengatakan akan melakukan penyelidikan isu perjudian dan pengaturan skor di tubuh organisasinya. Namun, ia mengakui jika PSSI tidak bisa bekerja sendirian mengatasi isu tak sedap yang menerpa PSSI tersebut.

"Judi atau pengaturan skor memang menjadi perhatian baik PSSI dan FIFA. Jika ditemukan indikasinya maka akan segera ditindak lanjuti dan diinvestigasi," kata Jokdri.

"PSSI menganggap butuh kolaborasi dengan negara lainnya, karena PSSI tidak bisa bekerja sendirian. Karena kami berkomitmen untuk memeranginya juga," tutupnya.

 


(REN)