Semifinal Piala AFF 2016

Profil Semifinalis AFF 2016: Timnas Vietnam

Alfa Mandalika    •    29 November 2016 09:50 WIB
piala aff
Profil Semifinalis AFF 2016: Timnas Vietnam
Skuat Vietnam. (Foto: AFP/Romeo Gacad)

Metrotvnews.com, Jakarta: Selain Thailand, Vietnam juga tampil apik pada Piala AFF 2016. Buktinya, mereka belum menelan kekalahan pada fase grup.

Vietnam memulai turnamen dengan percaya diri. Le Cong Vinh dkk sukses menumbangkan tuan rumah Myanmar dengan kedudukan 1-2.

Tren positif Vietnam tetap terjaga setelah pada laga kedua mengalahkan Malaysia. Dan pada laga pamungkas, Vietnam menang atas Kamboja. Kecemerlangan Vietnam sudah diprediksi pelatih Alfred Riedl. Ia mengungkapkan Vietnam kandidat favorit juara bersama Thailand.


Baca: Profil Semifinalis AFF 2016: Timnas Indonesia 


Indonesia sempat mengalami uji coba dengan Vietnam. Ketika itu, timnas Garuda menyerah 3-2 di My Dinh Stadium, 8 November 2016.

Kini, Vietnam kembali bersua Indonesia pada semifinal Piala AFF 2016. Leg pertama akan dimainkan 3 Desember di Stadion Pakansari Cibinong, Bogor, Jawa Barat. Empat hari berselang, giliran Vietnam yang menjadi tuan rumah.

Pelatih
Pelatih Nguyen Huu Thang adalah sosok penting yang membentuk skuat Vietnam seperti saat ini. Di bawah arahannya, Vietnam tak terkalahkan dari tujuh laga uji coba. Suriah, Hong Kong, Singapura, hingga Indonesia sudah merasakan kehebatan skema racikan Huu Thang.

Performa konsisten Vietnam berlanjut pada fase grup Piala AFF. Mereka belum menelan kekalahan. Secara produktivitas, Vietnam menorehkan lima gol sepanjang penyisihan grup dan kebobolan dua gol.

Baca: Profil Semifinalis AFF 2016: Timnas Thailand


Pemain Bintang
Le Cong Vinh adalah pemain paling menonjol di skuat Vietnam meski usianya sudah tidak muda lagi. Selain insting hebatnya di depan gawang, Cong Vinh juga bisa membimbing juniornya dengan segudang pengalaman yang dimilikinya.

Motivasi lain yang mungkin akan membuat Cong Vinh tampil habis-habisan adalah, fakta bahwa ini adalah turnamen AFF terakhirnya. Cong Vinh sudah mengatakan sebelumnya bahwa dia akan pensiun usai Piala AFF 2016.

Le Cong Vinh sudah mengoleksi 49 gol dan sudah tampil sebanyak 80 kali. Meski sudah menginjak usia 30 tahun, ia tetap menjadi andalan di lini depan The Golden Stars.

Pada gelaran AFF kali ini, Vinh sudah mencetak dua gol. Vinh masih berpeluang menambah pundi gol dan menyalip top skorer sementara AFF, Teerasil Dangda (Thailand).


Ilustrasi by Metrotvnews.com

Video: Laga Indonesia vs Vietnam Digelar di Stadion Pakansari



(ASM)

Video /