Liga 1

Proses Lisensi Klub Liga 1 akan Dimulai dari Awal Lagi

Krisna Octavianus    •    10 April 2018 15:38 WIB
liga 1 indonesia
Proses Lisensi Klub Liga 1 akan Dimulai dari Awal Lagi
Tigor Shalomboboy (Foto: medcom.id/Kautsar Halim)

Jakarta: Manager Licencing Club PSSI, Tigor Shalomboboy mengatakan bahwa semua tim Liga 1 Indonesia wajib mengikuti seluruh tahapan untuk mendapatkan lisensi. Pasalnya, semua akan diulang dari nol lagi.

Pada musim lalu, hanya lima tim di Indonesia yang berhasil mendapatkan lisensi menjelang berakhirnya musim, yakni Bali United, Persija, Persib, Madura United, dan Arema. Waktu yang mepet dan persyaratan yang sulit membuat klub lain tidak mendapatkan lisensi berstandar Asia atau setara AFC Champions League.

Salah satu yang tidak mendapatkannya adalah Bhayangkara FC, padahal mereka adalah juara Liga 1 2017. Imbasnya, mereka tidak bisa mewakili Indonesia di pentas Asia.
 

Baca: Bek JDT Siap Hadapi 'Teror' Jakmania


Kini, semua tim akan mulai mengurus lisensi mereka mulai saat ini. Pasalnya, semua tahapan akan dimulai lagi dari awal. Manager Licencing Club PSSI, Tigor Shalomboboy berharap klub yang mendapatkan lisensi bisa lebih dari musim lalu.

"Proses ini kita mulai dari nol lagi. Jadi lima klub yang sudah mendapat lisensi di musim kemarin sudah habis masanya dan dimulai lagi musim ini. Semua klub liga 1 kita beri kesempatan lagi untuk memenuhinya. Semoga musim ini kita bisa mendapatkan lebih banyak klub yang berlisensi dari musim kemarin," ujar Tigor di sela-sela acara workshop licencing club di Hotel Grandkemang, Selasa (10/4/2018).

Pendaftaran klub yang ingin mendapatkan lisensi dibuka sampai September 2018. Tigor berharap setiap klub mau berpartisipasi dengan baik karena persyaratannya tidak terlalu sulit.
 

Baca juga: Pelatih JDT Antisipasi Ketajaman Simic


"Ini bukan hal yang baru buat kita, faktanya memang begitu. Cuma ada lima klub yang labelnya profesional. Nah, bagaimana kita meningkatkan dalam 2-3 tahun ke depan. Itu yang menurut kami acara ini bukan hanya sekedar menjelaskan regulasi tapi lebih membuat semacam stimulan agar ini proses bukan harus yang diikuiti. Tapi ke depannya klub mendapatkan keuntungan dari lisensi tersendiri," lanjutnya.

"Tentunya ada (penambahan untuk yang mendapatkan lisensi). Karena secara regulasi dan aturannya tidak ada yang sulit. Masalahnya hanya personil administrasi untuk men-submit dokumen. Klub-klub masih belum serius dalam urusan ini. Mereka hanya fokus pada tim," pungkasnya.

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

Video: ?Atlet Sepak Bola Putri Ikuti Ujian Nasional



(ACF)


Deschamps Berharap Pemain Prancis Raih Ballon d'Or
Timnas Prancis

Deschamps Berharap Pemain Prancis Raih Ballon d'Or

11 hours Ago

Meski demikian ia percaya pemenang Ballon d'Or dalam 10 edisi sebelumnya, Lionel Messi dan …

BERITA LAINNYA
Video /