Piala AFF U-19 2016

Komentar Eduard Tjong Usai Indonesia Bungkam Kamboja

Alfa Mandalika    •    20 September 2016 23:58 WIB
piala aff
Komentar Eduard Tjong Usai Indonesia Bungkam Kamboja
Eduard Tjong (kiri) (Foto: ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Metrotvnews.com, Hanoi: Timnas U-19 sukses meraih kemenangan atas Kamboja dengan skor 4-3 pada laga terakhir penyisihan grup B Piala AFF, Selasa 20 September. Ia senang dengan fighting spirit anak asuhnya.

Indonesia tertinggal terlebih dahulu lewat aksi gelandang Kamboja, In Sodavid. Kebobolan, Indonesia merespons lewat aksi Muhammad Rafli pada menit ke-30.

Indonesia semakin percaya diri usai mencetak gol tersebut. Selang dua menit, tim Merah Putih kembali mencetak gol lewat striker mereka, Saddil Ramdani.

Hingga babak pertama usai, kedua tim tidak lagi mencetak gol. Skor 2-1 untuk keunggulan Indonesia.

Situasi pertandingan tak berubah ketika memasuki babak kedua. Indonesia tetap tampil agresif dan menguasai pertandingan. Alhasil, mereka pun kembali mencetak gol lewat Saddil pada menit ke-57.

Usai unggul telak, permainan Indonesia tampak mengendur. Mereka beberapa kali justru mendapat tekanan dari Kamboja. Hingga akhirnya, Kamboja berhasil memperkecil ketinggalan pada menit ke-68 lewat Yue Safy.

Lima menit berselang, Kamboja mampu menyamakan kedudukan. Gol tersebut dicetak oleh Long Phearath lewat tendangan penalti.

Indonesia akhirnya mampu bangkit dan berhasil berbalik unggul pada menit injury time lewat hattrick Saddil. Gol Saddil sekaligus menutup pertandingan. Indonesia memastikan kemenangan dengan skor 4-3.

Dengan hasil ini, Indonesia mengakhiri perjuangan mereka di Piala AFF dengan menempati peringkat keempat klasemen dengan enam poin. Mereka tertinggal enam poin dari tim peringkat kedua,  Australia dan Thailand (12 poin) yang berhak mewakili Grup B lolos ke babak semifinal.

"Kita syukuri kemenangan ini sekaligus menutup laga terakhir dengan kemenangan. Meski kita akui kami gagal masuk semifinal. Tadi anak-anak bermain oke, kerja keras dan fighting spirit tinggi sehingga mampu memenangi laga," kata pelatih Eduard Tjong usai laga dalam keterangan tertulis yang diterima Metrotvnews.com, Selasa (20/9/2016).

"Sempat disamakan itu karena kurang fokus dan masalah konsentrasi. Kamboja tim yang bagus, punya semangat tinggi dan tak kenal menyerah terbukti sempat mengejar ketertinggalan dua gol ini," sambung Eduard.

"Untuk tim selama AFF ini evaluasi adalah pasa babak kedua kita sering lengah. Jam terbang serta pengalaman anak-anak ini belum banyak. Karena rata-rata mereka belum pernah merasakan atmosfer laga internasional. Tim sudah berjuang maksimal," lanjutnya.

"Meski bukan tim terbaik, tim ini punya prospek dan harapan besar karena banyak pemain masih bisa ikut lagi untuk proyeksi Timnas U19 tahun depan. Semoga untuk ke depan persiapan bisa lebih panjang dan maksimal lagi. Terimakasih untuk dukungan dan doa masyarakat Indonesia baik yang di Vietnam dan di Indonesia. Kami belum bisa memberikan hasil yang diharapkan, papar Eduard.


(KRS)

Hummels Berpacu dengan Waktu Demi Tampil Lawan Atletico
Jelang Atletico Madrid vs Bayern Muenchen

Hummels Berpacu dengan Waktu Demi Tampil Lawan Atletico

8 hours Ago

Bek Bayern Muenchen, Mats Hummels berpacu dengan waktu untuk menyembuhkan cedera demi bisa tamp…

BERITA LAINNYA
Video /