Deretan Pemain Indonesia yang Punya Nama Mirip Pesepak Bola Dunia

Gregah Nurikhsani Estuning    •    11 November 2017 14:27 WIB
soccertainment
Deretan Pemain Indonesia yang Punya Nama Mirip Pesepak Bola Dunia
Ruud Gullit. (Foto: Istimewa)

Jakarta: Saat orang tua memberikan nama kepada anaknya, banyak harapan serta doa yang menempel pada buah hatinya kelak. Tidak sedikit orang tua menamai anaknya seperti pesepak bola dunia, seperti pemain-pemain sepak bola Indonesia ini.

Doa dan harapan menjadi kenyataan, setidaknya, walau pun belum bisa meraih kesuksesan seperti idolanya si orang tua. Para pesepak bola dalam negeri yang memiliki kemiripan nama ini mampu berkarya di lapangan hijau sejak usia dini.

1. Ruud Gullit
Bagi generasi milenial, mungkin masih sedikit yang tahu banyak mengenai sosok Ruud Gullit, salah satu pesepak bola fenomenal asal Belanda paling sukses di era 80-an sampai 90-an. Tapi orang tua pemain sepak bola satu ini sudah barang tentu paham betul kualitas Ruud Gullit.

Di PSIS Semarang, tim peserta Liga 2 Indonesia, ada satu pemain yang memiliki nama Ruud Gullit. Tahun ini merupakan yang pertama bagi Ruud Gullit bermain bagi tim asal Pulau Jawa, dan Laskar Mahesa Jenar menjadi klub yang beruntung mendapatkannya.

Sebelum berlabuh ke klub kebanggaan warga Semarang, Ruud memulai kariernya bersama Martapura FC tahun 2013. Bermain impresif, PSMS Medan yang melihat ada potensi memutuskan untuk meminangnya setahun berselang.

Soal nama yang mirip dengan legenda Belanda, Ruud Gullit mengaku jika itu adalah pemberian langsung dari sang ayah. Meski mengaku sempat berat dengan nama tersebut, Ruud kini menikmati nama legendaris tersebut.

"Nama saya dikasih langsung sama bapak saya. Bapak saya hobi nonton bola. Cuma saya yang meniti karier di sepak bola dalam keluarga. Awalnya ya berat, Mas. Tapi lama-lama saya menikmati saja," ujar Ruud.

2. Mario Jardel
Dulu, Brasil pernah punya pesepak bola andal berana Mario Jardel. Kini, Persib U-19 juga punya pemain dengan nama Mario Jardel.

Mario sempat dipanggil seleksi masuk timnas Indonesia U-19, namun sayang Indra Sjafri belum merasa Mario layak menembus susunan pemainnya.

3. Habel Boas Inzaghi
Orang tua yang memberikan anaknya nama Boas Inzaghi mungkin punya hasrat terpendam sebagai seorang striker berkelas. Tidak cuma satu, ia menyematkan dua nama penyerang hebat, Boas dan Inzaghi.

Habel Boas Inzaghi nama lengkapnya, saat ini tergabung di Persipura U-19. Ia bersama rekan-rekannya tengah berbahagia karena baru saja menjadi kampiun Liga 1 U-19 usai mengalahkan Persib U-19.

Pemain berumur 18 tahun ini merupakan salah satu pilar tangguh di pertahanan timnya sepanjang kompetisi Liga 1 U-19. Kabar terakhir yang beredar menyebut jika Habel dilirik oleh Luis Milla.

4. Tristan Alif
Pemain muda belia ini dijuluki sebagai Messi Asia. Memiliki skill di atas rata-rata usianya, Tristan pernah beberapa kali dilirik oleh klub-klub Eropa seperti Ajax Amsterdam, dan Leganes dan Espanyol.

Jika mendengar kata Tristan, maka yang teringat di benak pecinta sepak bola, khususnya Spanyol adalah Diego Tristan. Ia pernah membela Deportivo La Coruna dari tahun 2000 sampai 2006, dan sempat menjadi top skor La Liga di musim 2001--2002,

Kemiripan Tristan Alif dan Diego Tristan bukan cuma dari nama saja. Ternyata Tristan Alif memiliki posisi yang sama dengan Diego Tristan.

5. Todd Rivaldo
Pemain bernama lengkap Todd Rivaldo Albert Fere mungkin terdengar bukan seperti nama orang Indonesia, tapi kenyataannya dia adalah pemain asli Indonesia yang baru saja merengkuh gelar juara Liga 1 U-19 bersama Persipura Jayapura.

Bakatnya terus terasah di tim Mutiara Hitam muda di Liga 1 U-19. Ia bahkan menjadi pencetak gol tunggal ke gawang Persib Bandung U-19 di partai final. Tidak cuma itu saja, ia kemudian terpilih menjadi pemain terbaik di kompetisi tersebut.

Secara posisi, Todd Rivaldo mungkin tak sama dengan Rivaldo yang pernah berseragam AC Milan dan Barcelona. Tapi Todd Rivaldo dikenal memiliki skill dan gaya permainan yang mirip dengan 'seniornya'.

6. Ronaldo Rubener Wanma
Selain Rivaldo, Persipura U-19 juga memiliki Ronaldo. Ronaldo Rubenar Wanma namanya, berposisi sebagai penyerang, lahir 27 Januari 1998 silam.

Dilihat dari tahun lahirnya, mungkin orang tua Ronaldo Wanma lebih mengidolai Ronaldo Brasil ketimbang Cristiano Ronaldo. Tapi masa depannya sepertinya bakal cerah seperti dua penyerang kelas dunia itu.

Ronaldo Wanma sudah menjadi langganan Persipura junior. Sebelum berlaga di Liga 1 U-19, dia bahkan sudah dipercaya memperkuat Persipura U-21.

7. Gianluca Pagliuca Rossy
Nama pemain ini mirip dengan mantan kiper timnas Italia era 90-an dan awal 2000-an, Gianluca Pagliuca. Tak cuma itu saja, Gianluca Pagliuca Rossy juga akhirnya menjadi kiper. Berkat usaha kerasnya, ia menjadi langganan timnas Indonesia kelompok usia U-19.

Orang tua Rossy ternyata memiliki darah sepak bola. Ayahnya, Rosyidin adalah pesepak bola PSIS Semarang.

8. Fauzy Toldo
Sama seperti Rossy, Fauzy Toldo juga berposisi sebagai kiper. Toldo yang ada di Italia juga merupakan seorang penjaga gawang andal yang pernah dimiliki Inter Milan era 90-an silam.

Bedanya dengan Rossy, Toldo terbilang senior. Ia lahir di Palembang 1981. Fauzy Toldo pernah smembela sejumlah klub di Tanah Air seperti Sriwijaya FC, Persiba Balikpapan dan Persik Kediri.

9. Beckham Putra Nugraha
Untuk pemain ini, rasanya semua orang bisa langsung menebaknya. Pemain Persib Bandung U-19 ini memiliki nama mirip seperti ikon sepak bola Inggris, David Beckham.

10. Gian Zola
Kakak Beckham ini punya nama sekilas mirip dengan mantan pemain Chelsea dan West Ham United, Gianfranco Zola. Memiliki karier sedikit lebih baik ketimbang Beckham. Jika sang adik membela Persib Bandung U-19, Zola saat ini tergabung bersama Persib Bandung senior.

11. Sutan Zico
Pemain bernama lengkap Sutan Diego Armando Ondriano Zico tengah mencuat berkat aksi impresifnya di ajang Pra Piala Asia U-16 2018. Ia semakin dikenal karena memiliki nama yang mirip dengan legenda Brasil, Zico.

Armando juga mirip dengan legenda hidup Argentina, Diego Armando Maradona.

12. Maldini Pali
Pecinta AC Milan pasti tahu betul sosok Paolo Maldini. Orang tua Maldini Pali tampaknya sangat mengidolai Maldini, sampai anaknya diberi nama mirip salah satu bek terbaik dunia era 90-an dan 2000-an itu.

Jika Paolo Maldini berposisi sebagai bek, Maldini Pali bermain menyisir sayap kanan. Maldini Pali merupakan jebolan timnas U-19 angkatan Evan Dimas cs.

Video: Dua Pemain PSM Makassar Masuk Nominasi Pemain Terbaik Liga 1
 


(REN)

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG
Liga Champions 2017--2018

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG

1 day Ago

Cristiano Ronaldo menegaskan dia dan rekan setimnya tidak takut jika harus berhadapan dengan Pa…

BERITA LAINNYA
Video /