Liga 1 Indonesia 2018

Kalah dari Arema, Persebaya Salahkan Wasit

Daviq Umar Al Faruq    •    07 Oktober 2018 01:08 WIB
liga 1 indonesia
Kalah dari Arema, Persebaya Salahkan Wasit
Pelatih Persebaya Djajang Nurjaman (Foto: Daviq Umar/Medcom.id)

Malang: Persebaya Surabaya harus rela pulang dengan tangan kosong setelah dikalahkan Arema FC dengan skor 1-0 dalam laga lanjutan Liga 1 Indonesia 2018, Sabtu 6 Oktober di Stadion Kanjuruhan, Malang. Persebaya menuding kekalahan ini akibat wasit yang berat sebelah.

Pelatih Persebaya, Djadjang Nurdjaman, mengatakan timnya mampu mengimbangi permainan tuan rumah sepanjang pertandingan. Sebab dalam open play atau permainan terbuka, Arema tak mampu membobol gawang Persebaya.

"Tetapi kami kebobolan dari tendangan bebas yang sebetulnya menurut penilaian kami, tidak seharusnya wasit memberikan tendangan bebas dan ada pelanggaran di situ. Semua bisa lihat di TV, tidak ada sentuhan dari Abu Rizal," kata Djajang usai pertandingan.

Dalam laga ini, gol semata wayang Singo Edan diciptakan oleh Ahmad Nur Hardianto pada menit ke-70 melalui tendangan bebas. Arema mendapatkan hadiah tendangan bebas dari wasit setelah Hardianto dilanggar pemain Persebaya, Abu Rizal Maulana, di luar kotak penalti sisi kanan gawang.

"Dan akhirnya Makan Konate bisa menyelesaikan tugasnya dengan bagus walaupun tendangannya sempat diblok kiper kami dan kemudian mentahan bola dimanfaatkan oleh Hardianto," ungkapnya.

Pelatih yang akrab disapa Djanur ini mengaku timnya tak puas dengan kepemimpinan wasit dalam laga bertajuk Derby Jawa Timur ini. Sebab ada beberapa keputusan dari wasit Dodi Setia Purnama yang dirasa kurang pas.

"Pastinya kami kurang puas karena kami kebobolan karena dari itu. Banyak keputusan yang memang tidak sah, yang seharusnya tidak pelanggaran jadi pelanggaran," terangnya.

Dia menegaskan seharusnya wasit lebih jeli lagi saat melihat sentuhan dan benturan antar pemain. Sehingga wasit tidak memberikan keputusan yang salah.

"Secara keseluruhan anak-anak sudah memberikan permainan yang terbaik. Namun kami gagal memenuhi target bawa poin pulang ke Surabaya, saya ucapkan selamat ke Arema atas tiga poin yang mereka dapat," pungkasnya.

Begini Desain Medali Asian Para Games 2018



(FIR)


Video /