Liga 1 Indonesia 2018

Dianggap Menyalahi Aturan FIFA, Wasit Jumadi Buka Suara

Rendy Renuki H    •    04 Desember 2018 21:49 WIB
bolaliga indonesia
Dianggap Menyalahi Aturan FIFA, Wasit Jumadi Buka Suara
Pesepak bola Bali United Andika Wijaya (kiri) berupaya menghalangi pemain Persija, Novri Setiawan (kedua kanan) pada pertandingan Sepak Bola Liga 1 di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, dengan latar belakang wasit Jumadi (Foto: Antara/Nyoman Budhiana)

Jakarta: Jumadi Effendi yang memimpin laga Bali United kontra Persija dianggap menyalahi aturan Law of the Game FIFA (LOTG). Musababnya, ia tidak memberitahukan dan memberikan tambahan waktu (additional time) pada laga yang dimenangkan Persija dengan skor 1-2 di Stadion Dipta, Gianyar, Bali, Minggu 2 Desember 2018 lalu.

Keputusannya menghentikan laga panas tanpa memberikan tambahan waktu dinilai menyalahi Pasal 7 LOTG. Menurut mantan ketua komisi wasit, Ngadiman Asri, seharusnya wasit memberikan tambahan waktu, terlebih jika pertandingan sempat dihentikan.

Menanggapi hal itu, Jumadi pun angkat bicara. Menurutnya, pada laga Bali United kontra Persija ia berpegang teguh kepada Pasal 5 LOTG FIFA, di mana pasal itu menerangkan tentang semua keputusan berada di tangan wasit.

Baca juga: Hantam Persita, Kalteng Putra Naik Kasta ke Liga 1

Ia juga menilai pertandingan berjalan normal dan sesuai jadwal. Regulasi LOTG menurutnya sudah dijalankan, termasuk regulasi menghentikan pertandingan karena di dalam stadion itu tidak boleh ada cerawat, asap, api dan hal lain yang mengganggu jalannya pertandingan.

"Kalau di LOTG itu yang mengatur wasit pasal 5, jadi wasit berhak menghentikan, memulai, atau menghentikan sementara, kalau situasi mengganggu keselamatan pemain." 

Kalau kemarin ia tidak mengambil keputusan, nanti wasit yang bertanggung jawab. Misalnya saat Andritany (kiper Persija) kena asap terus pingsan dan hal-hal lain seperti itu, terangnya saat dihubungi Medcom.id, Selasa 4 Desember. 

"Dalam force majeur pun, pertandingan bisa dihentikan lebih dari 80 menit, itu ada. Misalkan ada petir, badai dan lain-lain. Waktu normal kalau sudah 81 menit dan masih ada sembilan menit pun bisa dihentikan, pertandingan bisa dianggap selesai."

Video: Menghitung Peluang Juara antara Persija vs PSM
 


(RIZ)


Piala AFF 2018: Malaysia Terhindar dari Kekalahan atas Vietnam
Leg I Final Piala AFF 2018

Piala AFF 2018: Malaysia Terhindar dari Kekalahan atas Vietnam

20 hours Ago

Malaysia terhindar dari kekalahan atas Vietnam pada leg pertama babak final Piala AFF 2018, Sel…

BERITA LAINNYA
Video /