PSM Makassar vs Persib Bandung

Bungkam Persib, PSM Kian Nyaman di Puncak

Andi Aan Pranata    •    24 Oktober 2018 18:03 WIB
persib bandungpsm makassarliga 1 indonesia
Bungkam Persib, PSM Kian Nyaman di Puncak
Ilustrasi by medcom.id

Makassar: PSM Makassar selangkah lebih dekat menuju gelar juara Liga 1 musim 2018. Menjamu pesaing terdekatnya, Persib Bandung, di Stadion Andi Mattalatta Makassar, Rabu 24 Oktober, tim Juku Eja berhasil menang tipis 1-0.

Satu-satunya gol PSM dicetak pemain naturalisasi Guy Junior sepuluh menit sebelum pertandingan selesai. Tambahan tiga poin membuat mereka kokoh di puncak klasemen sementara.

PSM kini mengantongi 50 poin dari 27 kali pertandingan. Mereka memperlebar jarak dari Maung Bandung, yang mengumpulkan 45 poin dengan tujuh pertandingan tersisa.

PSM sekaligus memperpanjang rekor kemenangan dalam enam pertandingan beruntun. Sebaliknya bagi Persib, mereka gagal mengakhiri tren negatif pada empat laga, dengan tiga kali kalah dan sekali imbang.

Jalannya pertandingan

Tuan rumah PSM Makassar yang bermain di hadapan 14 ribu pendukungnya tampil menyerang sejak menit pertama. Kombinasi serangan yang dikomando kapten tim Willem Jan Pluim tercatat beberapa kali membahayakan pertahanan Persib pada awal babak pertama. 

Peluang pertama dimiliki PSM pada menit ke-16. Pluim mengirimkan umpan terobosan kepada winger Guy Junior yang berlari tanpa kawalan. Namun tendangan yang dilepaskan Guy di sisi kanan bisa ditepis oleh kiper Persib M Natsir.

Dua menit berselang Guy kembali mendapat kesempatan saat bola liar dari sepak pojok mengarah kepadanya. Tapi tendangannya melambung di atas mistar gawang.

Pada menit ke-25, giliran Pluim yang melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Peluang ini belum berbuah gol karena bola tepat menyentuh mistar gawang Persib.

Persib yang dalam tekanan harus kehilangan satu pemain andalannya pada menit ke-35. Gelandang Dedi Kusnandar mengalami cedera kaki setelah ditekel Rizky Pellu. Dia pun digantikan oleh Hariyono.

Babak pertama berakhir imbang 0-0. Sebelum jeda, Patrich Wanggai menyumbangkan peluang terbaik bagi Persib. Tendangannya dari luar kotak penalti tak dapat diantisipasi kiper Rivky Mokodompit, tapi bola hanya mental di mistar.

Tim tamu berinisatif  membangun serangan setelah kembali dari ruang ganti. Pada dua menit pertama, mereka langsung membahayakan gawang PSM. Striker yang baru bebas dari sanksi larangan bermain, Jonatan Bauman berhasil lepas dari kawalan bek. Tapi tendangannya dalam kotak penalti gagal menemui sasaran.

Baca: Perseru Kontra PS Tira Berakhir Tanpa Pemenang


Sepuluh menit kemudian Persib lagi-lagi mengancam gawang tuan rumah. Patrich Wanggai dua kali menyambar bola liar di tengah kemelut tapi hanya membentur badan pemain lawan.

Pelatih PSM Robert Alberts berharap penyegaran di lini tengah dengan memasukkan gelandang muda M Arfan, menggantikan Rizky Pellu. Striker Alessandro Ferreira yang tidak banyak berkutik, keluar digantikan winger Saldy. Di sisi lain, pelatih Mario Gomez mengganti Ghozali Siregar dengan Atep.

Strategi tuan rumah berjalan efektif. Mereka berhasil mencetak gol pada menit ke-80. Guy Junior yang diplot sebagai striker utama berhasil menjebol gawang Natsir dengan sekali sentuhan. Dia menyambar bola liar yang sebelumnya gagal dikontrol dengan baik oleh M Rahmat.

Persib yang tertinggal satu gol harus kehilangan Bauman dua menit jelang pertandingan bubar. Dia diusir wasit Tabrani karena dua kali menerima kartu kuning. Hingga peluit panjang, tidak ada gol tambahan sehingga PSM tetap unggul 1-0.

Pada akhir pertandingan, sejumlah pemain Persib yang tak puas berupaya mengejar wasit hingga keluar lapangan. Perangkat pertandingan mesti mendapat pengawalan ketat dari aparat keamanan.

Daftar susunan pemain:
PSM Makassar: Rivky Mokodompit; Reva Adi Utama, Steven Paulle, Ardan Aras, Zulkifli Syukur, Marc Klok, Rizky Pellu (M Arfan), Willem jan Pluim, M Rahmat, Guy Junior, Alessandro Ferreira (Saldy)

Persib Bandung: M Natsir; Ardi Idrus, Supardi, Tony Sucipto, Victor Igbonefo, Dedi Kusnandar (Hariyono), Febri Hariyadi, Ghozali Siregar (Atep), Oh Inkyun, Jonatan Bauman, Patrich Wanggai

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

Video: Pesona Todd Rivaldo Ferre


(ASM)


Piala AFF 2018: Statistik Indonesia vs Timor Leste
Penyisihan Grup B Piala AFF 2018

Piala AFF 2018: Statistik Indonesia vs Timor Leste

13 minutes Ago

Bermain di hadapan publik sendiri, Indonesia memang pantas menang atas Timor Leste, setidaknya …

BERITA LAINNYA
Video /