Duel Kontra Persija Dibatalkan, Manajer Persebaya: Semuanya Enggak Jelas

Ahmad Mustaqim    •    04 Juni 2018 00:08 WIB
liga 1 indonesia
Duel Kontra Persija Dibatalkan, Manajer Persebaya: Semuanya Enggak Jelas
Bonek bergumul di Stadion Sultan Agung. (Foto: Istimewa)

Bantul: Manajemen Persebaya Surabaya menyayangkan ketidaksiapan Persija Jakarta menjamu timnya di Stadion Sultan Agung Bantul, Minggu malam, 3 Juni 2018. Banyak sekali ketidakjelasan yang terjadi, baik dari panpel mau pun keamanan.

Manajer Persebaya, Chairul Basalamah mengatakan menjamu timnya dengan basis suporter dengan jumlah besar memerlukan keamanan luar biasa. Menurut dia, aparat keamanan yang berjaga juga harus tegas dalam mengambil tindakan. 

"Silakan untuk Bonek yang tak bertiket dan meresahkan dipulangkan atau pukul keluar (dari Yogyakarta). Kami mau patungan sewa kendaraan. Tapi ini tidak direspons," ujar Basalamah di Stadion Sultan Agung Bantul. 

Klik: Sergio Ramos Rilis Lagu Piala Dunia 2018

Ia menuturkan, pihak kepolisian sempat menyarankan adanya screening sebelum masuk ke area stadion. Namun, hal itu tak dilakukan karena khawatir terjadi penumpukan. 

"Yang jelas di sini tidak ada kejelasan dan ketegasan. Dalam situasi demikian ketegasan yang dibutuhkan," kata dia. 

Soal pembatalan laga, Basalamah menyatakan tidak ada kejelasan. Selain polisi yang tidak secara verbal menyampaikan pemberatan dengan alasan keamanan, pihak match commisioner di lapangan juga tak langsung tahu soal pembatalan itu. 

"Enggak ada Panpel. Sempat mau ada pertemuan, tapi kami tunggu tak ada kejelasan. Pembatalan (pertandingan) juga tak jelas. Polisi tidak secara verbal. Tapi setelah kami tanya, match commisioner lalu langsung membatalkan. Kami ada rekamannya," ungkapnya. 



Ia menyatakan timnya butuh keadilan. Basalamah mengatakan timnya sudah melakukan persiapan semaksimal mungkin untuk menjalani laga tandang itu. 

Mulai dari pesan tiket pesawat dalam waktu mendadak hingga ongkos penginapan atau hotel. Namun, saat akan masuk ke area Stadion Sultan Agung rombongan Persebaya ditahan oleh pasukan Brimob. 

"Kita juga ada bukti bus Persebaya ditahan polisi. Kit man juga sudah siap di stadion. Kita sebetulnya siap bertanding," ujarnya. 

Dengan situasi demikian, pilihan terburuk mau tak mau laga harus dijadwalkan ulang. Namun, Basalamah menilai hal itu sulit dilakukan. 

"Mungkin sulit ya. Jadwal juga cukup padat. Lawan Persib yang ditunda dan diagendakan di akhir Juli juga belum jelas," kata dia. (Penyunting: Gregah Nurikhsani Estuning/Medcom.id)

Video: Sriwijaya FC Menang Besar Atas Persela
 



Messi Bicara Final Liga Champions dan Kepergian Zidane dari Madrid
Lionel Messi

Messi Bicara Final Liga Champions dan Kepergian Zidane dari Madrid

1 week Ago

Kapten timnas Argentina itu tak memedulikan berapa pun hasil yang diraih Madrid dalam menghadap…

BERITA LAINNYA
Video /