KITAS Pemain Asing Bermasalah

BOPI Sudah Peringatkan LIB terkait KITAS Pemain Asing

A. Firdaus    •    18 April 2017 22:45 WIB
liga 1 indonesia 2017
BOPI Sudah Peringatkan LIB terkait KITAS Pemain Asing
Michael Essien saat melakoni sesi latihan Persib Bandung (Foto: ANTARA FOTO/Novrian Arbi)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pelarangan bermain untuk pemain asing yang belum memiliki Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS) ternyata sudah ada dalam kesepakatan antara PT Liga Indonesia Baru (LIB) dengan Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI). Selain membahas KITAS, masih banyak hal lain di dalam kesepakatan yang mereka sebut Joint Coorperation Agreement.

Kesepakatan tersebut dilakukan sebelum Liga 1 Indonesia digelar. Dalam kesepakatan itu, BOPI berharap PT LIB bisa menjaga kepercayaan untuk menjalankan kesepakatan tersebut. Namun pada prakteknya, operator liga tetap memberi izin kepada para klub untuk memainkan pemain asing yang belum mendapatkan izin KITAS.

"Kesepakatan itu dibuat BOPI dengan PT LIB dalam suatu joint cooperation agreement bersama dengan keluarnya rekomendasi. Di dalam joint cooperation agreement itu masih banyak hal lain yang memang harus kami kejar misalnya pengawasan, verifikasi faktual. Nah salah satunya adalah bagaimana pada saat pemain yang belum memiliki KITAS itu jangan diturunkan dulu," ujar Sekretaris Jenderal BOPI Heru Nugroho.
 

Baca: Essien dan Cole Diperiksa Kantor Imigrasi Bandung


"Nah kemarin waktu liga belum dimulai, di awal kami sudah mengingatkan operator sesuai dengan kesepakatan yang sudah dibuat. Bahasanya operator: Mohon dimengerti karena ini marquee player, cost tinggi dan ditunggu masyarakat. Saya hanya bilang begini: Kalau soal dimengerti, kami sudah lebih dari itu. Kalau kami tidak mengerti, kemarin rekomendasi tidak dikeluarkan," terangnya.

Namun untuk urusan sanksi, BOPI tak punya wewenang. Mereka hanya melaporkan pelanggaran dari kesepakatan tersebut. Nanti ada pihak-pihak tertentu yang memang memberikan sanksi, seperti Kementerian Tenaga Kerja dan Direktorat Jenderal Imigrasi.

"Tugas BOPI adalah memberikan rekomendasi dan pengawasan. Dan Jika dalam proses pengawasan ada pelanggaran, kami laporkan. Penindakan sendiri bukan wewenang BOPI, tapi lembaga masing-masing. Misalnya untuk KITAS adanya di imigrasi, persoalan ketenagakerjaan ada di Kemenaker, izin keramaian ada di kepolisian," lanjutnya.
 

Baca juga: Masalah KITAS Pemain Asing, Kemenpora Tunggu Fatwa Ditjen Imigrasi


Lebih lanjut, Sekretaris Menteri Pemuda dan Olahraga Gatot Dewa S Broto juga sudah memberikan peringatan terkait hal ini. Ia sempat berharap PT LIB bisa menjalani kesepakatan tersebut. Namun nyatanya para pemain yang bermasalah tetap dimainkan.

"Beberapa hari menjelang kick off Liga 1 saya sengaja datang ke pertemuan BOPI dan PT LIB. Waktu itu ada perwakilan dari manajemen PT LIB datang, kemudian ada kesepakatan bahwa KITAS itu sangat penting yang tidak boleh dilanggar," jelas Gatot.

Video: ?Timnas U-19 Kembali Berlatih Usai Liburan
 


(ACF)

Beberapa Pendukung Liverpool Diserang Polisi Sevilla
Sevilla vs Liverpool

Beberapa Pendukung Liverpool Diserang Polisi Sevilla

1 hour Ago

Beberapa pendukung Liverpool dikabarkan ada yang dipukul oleh polisi Sevilla ketika The Reds be…

BERITA LAINNYA
Video /