Pada Hari Ini

1996: Gol Salto Widodo C Putro Menggegerkan Piala Asia

Alfa Mandalika    •    04 Desember 2017 15:54 WIB
pada hari ini
1996: Gol Salto Widodo C Putro Menggegerkan Piala Asia
Ilustrasi by Medcom.id

Jakarta: Widodo Cahyono Putro merupakan striker jempolan yang dimiliki Timnas Indonesia era 1990-an. Widodo sempat menggegerkan Piala Asia 1996 lantaran mencetak gol spektakuler.

Ya, peristiwa itu terjadi pada hari ini 4 Desember 1996. Ketika itu, Indonesia menghadapi Kuwait pada penyisihan Grup A Piala Asia.

Indonesia menurunkan pemain terbaik di setiap lini. Ada Kurnia Sandy, Yeyen Tumena, Aples Tecuari, Bima Sakti, Rony Wabia, dan Widodo C Putro.

Widodo yang saat itu membela Petrokimia Putra Gresik melakukan gol akrobatik. Bermula dari pergerakan Ronny Wabia dari sisi kanan serangan, lalu dia memberikan umpan ke Widodo.

Terlihat bola tidak tepat mengarah ke Widodo, namun dengan insting mencetak gol yang tinggi dia membalikkan badan membelakangi gawang dan menyambarnya dengan tendangan salto. Bola pun tak mampu dihalau oleh kiper Khaled Al Fahdli. Indonesia memimpin 1-0.


 

Baca: Jadwal Siaran Langsung Indonesia vs Mongolia


Setelah gol tersebut, Ronny Wabia menambah gol pada menit 40. Namun sayang, keunggulan 2-0 tidak bisa dipertahankan lantaran Kuwait menyamakan kedudukan menjadi 2-2.

Meski begitu, gol Widodo langsung menjadi perhatian media-media internasional. Stasiun televisi Emirat Arab TV Star dan stasiun TV lainnya dikabarkan berulang kali menayangkan gol pria kelahiran Cilacap itu.

Di ajang tersebut, Indonesia tak mampu lolos penyisihan grup. Setelah bermain imbang melawan Kuwait, Indonesia menyerah dari Korea Selatan dan Uni Emirat Arab.

Gol anugerah
Sudah 21 tahun berlalu, Widodo masih ingat betul gol yang spektakuler yang dibuatnya. Ia menilai gol tersebut anugerah.

"Gol itu merupakan gol anugerah bagi kami, karena kami baru pertama kali lolos di Piala Asia dan saya mampu mencetak gol tersebut," kata Widodo ketika dihubungi Medcom.id, Senin 4 Desember 2017.

"Saya sangat senang dengan pencapaian tersebut. Meskipun, kami tidak lolos penyisihan grup," sambungnya.

Baca: Prediksi Indonesia vs Mongolia: Garuda Lebih Perkasa


Selepas pensiun sebagai pesepak bola, aktivitas Widodo tak jauh-jauh dari sepak bola. Dia sempat menjadi asisten pelatih Timnas Indonesia pada 2010 -- 2012.

Lalu, Widodo membesut klub Indonesia seperti Gresik United, Persepam Madura United, Sriwijaya FC, dan Bali United. Prestasi teranyar, Widodo membawa Bali United finis di posisi runner up Liga 1 2017.

Video: Tundukkan Brunei, Indonesia Start dengan Mulus di Tsunami Cup


(ASM)

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%
Jelang Chelsea vs Barcelona

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%

3 hours Ago

Pelatih Chelsea Antonio Conte tidak memungkiri bahwa laga melawan Barcelona akan jadi laga yang…

BERITA LAINNYA
Video /