Semifinal Piala AFF 2016: Indonesia vs Vietnam

Mengintip Rekor Pertemuan Indonesia vs Vietnam di Piala AFF

Alfa Mandalika    •    28 November 2016 12:21 WIB
piala aff
Mengintip Rekor Pertemuan Indonesia vs Vietnam di Piala AFF
Suasana pertandingan timnas Vietnam vs Indonesia di Piala AFF 2014. (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Jakarta: Piala AFF 2016 sudah memasuki babak semifinal. Empat negara yang berhasil lolos ialah Thailand, Indonesia, Vietnam, dan Myanmar.

Thailand yang keluar sebagai juara Grup A bakal ditantang runner up Grup B, Myanmar. Sedangkan Indonesia menantang juara Grup B, Vietnam.

Jelang partai semifinal, Indonesia tercatat sudah bersua Vietnam sejak pertama kalinya turnamen AFF bergulir pada 1996. Ketika itu, tim Merah Putih menahan imbang 1-1 pada fase grup. Namun, Indonesia harus kalah saat memperebutkan tempat ketiga.

Baca: Lolos ke Semifinal, Riedl Sebut Timnas Indonesia Beruntung 


Kali ini, Indonesia kembali berhadapan dengan Vietnam pada semifinal AFF 2016. Kedua tim memiliki catatan yang berbeda pada fase grup. Indonesia sempat terancam gagal lolos lantaran dua pertandingan awal fase grup hanya meraih satu poin. Namun, pada laga pamungkas menghadapi Singapura, Indonesia berhasil menang dengan kedudukan 2-1. Berbeda dengan Vietnam, mereka mengikuti jejak Thailand yang berhasil menyapu bersih kemenangan pada fase grup.

Baca: Celoteh Tiga Penggawa Timnas yang Belum Turun di Piala AFF 2016


Menilik rekor pertemuan di Piala AFF, Indonesia lebih unggul. Pada pertemuan di Piala AFF, Indonesia dan Vietnam sudah bertemu sebanyak tujuh kali. Indonesia mampu menang dua kali, sekali kalah, dan empat kali imbang. 

Pada pertemuan tahun ini, Indonesia akan lebih dahulu menjamu Vietnam pada 3 Desember. Sementara itu, laga penentuan (leg kedua) akan dimainkan di kandang Vietnam pada 7 Desember 2016.

Berikut rekor pertemuan Indonesia vs Vietnam di Piala AFF.
1996: Indonesia 1 v 1 Vietnam (fase grup), Indonesia 2 v 3 Vietnam (perebutan juara ketiga)

2000: Vietnam 2 v 3 Indonesia (semifinal)

2002: Indonesia 2 v 2 (fase grup)

2004: Vietnam 0 v 3 Indonesia (fase grup)

2007: Vietnam 1 v 1 Indonesia (fase grup)

2014: Vietnam 2 v 2 Indonesia (fase grup)

Video: PSSI Siapkan Tiga Stadion untuk Pertandingan Semifinal Piala AFF
 


(ASM)

Video /