Liga 1 2017

Mencekik Pemain PSM, Manahati Lestusen Terancam Sanksi Berat

Krisna Octavianus    •    17 Mei 2017 10:35 WIB
liga 1 indonesia 2017
Mencekik Pemain PSM, Manahati Lestusen Terancam Sanksi Berat
Manahati Lestusen. (Foto: Ant/Wahyu Putro A)

Metrotvnews.com, Jakarta: Setelah Abduh Lestaluhu yang memukul striker Bhayangkara FC, Thiago Furtoso, ada pemain PS TNI lainnya yang berulah. Kali ini adalah Manahati Lestusen yang tertangkap kamera mencekik pemain PSM Makasaar, Marc Klok. Situasi itu terjadi dalam pertandingan PS TNI vs PSM Makassar, Senin 15 Mei malam WIB.

Kejadian berawal saat Manahati ditekel oleh Zulkifli Syukur. Klok kemudian mencoba membangunkan paksa Manahati yang masih terjatuh. Tak terima, Manahati langsung mencekik Klok yang langsung mengerang kesakitan. Sayangnya, aksi itu luput dari pengamatan wasit Handri Kristanto.

Kejadian ini sangat disayangkan mengingat label Manahati adalah pemain tim nasional Indonesia, sama seperti Abduh Lestaluhu. Akan tetapi, kejadian pencekikan itu belum bisa ditanggapi oleh Komisi Disiplin (Komdis) PSSI.

Melalui ketuanya, Asep Edwin, Komdis PSSI masih menunggu pelaporan dari pengawas pertandingan. Akan tetapi, Komdis meyakinkan tak akan pandang bulu meski Manahati  adalah anggota TNI, sanksi berat tetap bisa diterapkan.

Baca: Semen Padang Fokus Rekrut Pemain Muda


"Belum masuk (laporan) ke kita nanti kita lihat Kamis jadwal rutin untuk sidang. Kita belum bisa memutuskan soalnya memang belum masuk laporan ke kita. Kita tunggu dari pengawas pertandingan. Lagipula kan baru semalam (Senin-red) mainnya. Intinya kita tidak akan menunda untuk melakukan sidang. Bila laporan sudah masuk langsung kita sidang," ujar Asep Edwin.

"Standar hukuman kita sebenarnya sudah lebih berat. Ambil contoh kemaren seperti Ferdinand Sinaga dan Abduh Lestaluhu, kalau dalam standar kode dispilin, minmal dua pertandingan, tapi kita terapkan empat pertandingan," lanjutnya. 

Baca: Pas SEA Games, Liga 1 Tetap Berjalan


"Kita rasa saat ini sudah bukan masa belajar, masa belajar di ISC kemarin, saat ini kopetisi resmi dan hukuman lebih berat. Kasus Manahati kita tak melihat Manahati sebagai TNI. Intinya kita akan tetap sidang. Pengulangan hukuman lebih berat dan itu tertuang dalam SK keputusan," pungkasnya.

Baru berjalan enam pekan, Liga 1 sudah menuai sejumlah masalah kekerasan di lapangan. Sebelum kasus Manahati dan Abduh, ada kasus Ferdinand Sinaga yang memukul striker Persela, Ivan Carlos.

Cuplikan Manahati Lestusen mencekik Marc Klok:



Video: Persib Bandung Terus Bersiap Jelang Laga Lawan Borneo FC
 


(ASM)

Black Eyed Peas Bakal Guncang Panggung Final Liga Champions
Jelang Final LIga Champions 2016--2017

Black Eyed Peas Bakal Guncang Panggung Final Liga Champions

1 hour Ago

Grup vokal bergenre hip-hop ini akan tampil sebelum kick off pertandingan antara Real Madrid da…

BERITA LAINNYA
Video /