Piala AFF 2016: Grup A

Timnas Filipina, Lain Dulu Lain Sekarang

Alfa Mandalika    •    22 November 2016 16:26 WIB
piala aff
Timnas Filipina, Lain Dulu Lain Sekarang
Aksi pemain Filipina ketika menghadapi Singapura. (Foto: AFP/Ted AlJibe)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sepak bola Asia Tenggara boleh dibilang mulai menunjukkan perkembangan. Sejumlah tim yang beberapa waktu silam urung tampil gemilang, kini mulai memperlihatkan tajinya.

Ya, jika berbicara sepak bola Asia Tenggara, nama Thailand, Singapura, Indonesia, Malaysia, dan Vietnam merupakan negara yang lebih dikenal lantaran prestasinya. Di Piala AFF, Thailand dan Singapura sudah mengemas empat gelar sejak pertama kali dihelat 20 tahun silam.

Sedangkan Malaysia dan Vietnam, mereka sama-sama mengemas satu kali gelar Piala AFF. Sementara Indonesia, memegang rekor sebagai runner up terbanyak di Piala AFF.

Baca: Filipina vs Indonesia: Peluang Timnas Garuda 50 - 50


Namun, pada enam tahun terakhir ada satu negara yang mencuri perhatian yakni Filipina. Memang, The Azkals belum mampu menjadi juara di Piala AFF. Akan tetapi, mereka tampil konsisten sejak tiga gelaran terakhir Piala AFF.

Bermaterikan pemain naturalisasi yang dipadu dengan pemain muda, Filipina menjadi salah satu ancaman baru bagi sepak bola Asia Tenggara. Bukti sahih konsistensi Filipina yakni dengan lolosnya ke semifinal AFF selama tiga kali beruntun sejak 2010.

Jika melihat Filipina saat AFF 1996, boleh dibilang mereka salah satu tim gurem atau menjadi negara yang menjadi lumbung gol lawan. Ketika itu, Filipina tergabung di Grup B bersama Thailand, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam. Sampai penyisihan grup, mereka sudah kebobolan 16 gol dan tanpa menghasilkan poin.

Filipina kembali meraih hasil minor ketika berlaga di AFF 1998. Lagi-lagi, mereka gagal mendulang poin dan gawangnya kebobolan sebanyak 11 gol. Hasil serupa mereka terima sampai AFF 2002. Bahkan, Indonesia sempat mencukur Filipina dengan kedudukan 13-1! Baru pada AFF 2004, mereka mendapatkan poin usai mengalahkan Timor Leste.

Meski begitu, dewi fortuna nampaknya belum berpihak kepada Filipina sampai AFF 2007. Mereka hanya mengemas satu poin dan kebobolan delapan gol. Selepas hasil minor itu, Filipina absen pada AFF 2008. 

Baca: Jadwal Siaran Langsung Indonesia vs Filipina Malam Nanti


Absennya Filipina membuat mereka melakukan evaluasi besar-besaran. Alhasil, pada 2010 mereka kembali tampil dengan daya dobrak yang lebih menakutkan. Dimotori Philip Younghusband dkk Filipina berhasil menembus semifinal. Sayang, mereka harus mengakui keunggulan Indonesia karena kalah dua kali pada semifinal yang berlangsung di Jakarta.

Pada AFF 2012, mereka juga sukses menembus semifinal. Tergabung pada Grup A, Filipina menemani Thailand sebagai runner up dengan mengemas enam poin. Tetapi, langkah mereka terganjal Singapura pada babak empat besar tersebut.

Filipina kembali menembus semifinal pada AFF 2014. Mereka sukses mengalahkan Indonesia dan Laos. Dua kemenangan itu cukup mengantarkan Filipina ke semifinal. Tetapi, lagi-lagi mereka urung ke final karena dibekap Thailand pada babak semifinal.

Saat ini, Filipina juga berpeluang untuk lolos ke semifinal. Jika mampu mengalahkan Indonesia malam nanti, usaha The Azkals lolos penyisihan grup semakin mudah, dan berpeluang melangkah ke semifinal untuk keempat kalinya secara beruntun.


Ilustrasi by Metrotvnews.com

Video: Riedl Siap Tempur Lawan Filipina



(ASM)

Penilaian AFF tentang Stadion Pakansari
Jelang Final Piala AFF 2016

Penilaian AFF tentang Stadion Pakansari

18 minutes Ago

Stadion Pakansari yang berada di Cibinong, Kabupaten Bogor telah sukses menggelar laga semifina…

BERITA LAINNYA
Video /