Insiden Penonton Meninggal, PSIM Dilarang Gunakan Stadion Sultan Agung

Ahmad Mustaqim    •    01 Agustus 2018 19:50 WIB
liga 2 indonesia
Insiden Penonton Meninggal, PSIM Dilarang Gunakan Stadion Sultan Agung
Personel kepolisian tengah berupaya menghentikan kericuhan yang terjadi di tribun penonton saat laga PSIM Yogyakarta vs PSS Sleman pada lanjutan Liga 2 (Foto: medcom.id/Ahmad Mustaqim)

Bantul: Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menolak memberikan izin penggunaan Stadion Sultan Agung untuk klub Liga 2, PSIM Yogyakarta. Hal ini imbas peristiwa jatuhnya korban meninggal, Muhammad Iqbal Setyawan, warga Bantul, saat laga PSIM melawan PSS beberapa waktu lalu.

Dengan begitu, PSIM harus mencari alternatif stadion untuk menjalani laga Liga 2 melawan Blitar United pada Senin 6 Agustus 2018. 

Keputusan tak memberikan izin itu dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Bantul lewat surat tertanggal 30 Juli 2018. Surat tersebut ditandatangani Sekretaris Disdikpora Bantul, Daeng Daeda. 

Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kabupaten Bantul Riyantono mengatakan, sudah mendapat laporan keputusan itu. Ia mengatakan, tidak sepatutnya terjadi tindak kekerasan sesama warga Yogyakarta. 

"Nonton sepak bola kan menginginkan untuk damai. Nonton bareng untuk damai, tidak deg-degan," kata Riyantono saat ditemui di salah satu hotel di kawasan Malioboro Yogyakarta, Rabu, 1 Agustus 2018. 

Kendati demikian, pihaknya masih memberikan izin penggunaan Stadion Sultan Agung untuk klub lain, seperti PS Tira, Persija Jakarta, serta Persiba Bantul (Liga 3). "Nonton sepak bola kok kayak perang," kata dia. 

Baca: Liverpool Inginkan Gelandang Cagliari


Ketua Panitia Pelaksana (Panpel) PSIM Wendy Umar Senoaji mengatakan, sudah mengetahui kabar itu. Ia berterima kasih atas respons cepat Pemkab Bantul soal tidak adanya izin penggunaan stadion. 

Ia menjelaskan, pihaknya sudah mencari alternatif stadion pengganti untuk laga melawan Blitar United. Alternatif pertama yakni Stadion Moch. Soebroto, Magelang, Jawa Tengah. 

"Stadion di Magelang bisa dipakai setelah renovasi, renovasi berlangsung mulai 1-10 Agustus. Jadi kita cari alternatif stadion lain," katanya. 

Ia mengungkapkan, PSIM kemungkinan akan memakai Stadion Wijaya Kusuma, Cilacap, Jawa Tengah. Ia menyatakan, manajemen telah melakukan survei dan mendapat persetujuan penggunaan stadion. Operator liga, kata dia, sudah meminta dokumentasi kondisi stadion terakhir untuk verifikasi. 

"Pihak Cilacap sudah oke. Izin kepolisian sudah diproses, akan keluar hari ini," kata dia. 

Ia menambahkan, manajemen masih melakukan pendekatan dengan Pemkab Bantul untuk tetap bisa menggunakan stadion Sultan Agung usai laga melawan Blitar United. Kata Wendy, tidak ada hubungan atau masalah antara Pemkab Bantul dengan pihaknya. 

"Kejadian kemarin sebagai evaluasi dan penyesalan bagi panpel dan manajemen. Momentum ini semoga terakhir dalam dunia sepak bola. Semua tidak ada yang menginginkan ini terjadi. Soal perkembangan laga ke depan, kami akan sampaikan ke suporter," jelasnya. 

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

Video: Ronaldo Jalani Latihan Perdana Bersama Juventus


(ASM)


Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl
Uji Coba Timnas Indonesia vs Hong Kong

Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl

6 days Ago

Terakhir, Andik tampil saat Timnas Indonesia melakoni uji coba melawan Islandia pada 14 Januari…

BERITA LAINNYA
Video /