Persib Bandung vs Arema FC

Pelatih Persib Sebut Kondisi Fisik Essien Bermasalah

Roni Kurniawan    •    16 April 2017 14:58 WIB
liga 1 indonesia 2017
Pelatih Persib Sebut Kondisi Fisik Essien Bermasalah
Gelandang Persib Michael Essien dijatuhkan pemain Arema. (AFP PHOTO / TIMUR MATAHARI)

Metrotvnews.com, Bandung: Michael Essien menjalani debut perdana di Liga 1 bersama Persib Bandung. Kesempatan itu didapat ketika Maung Bandung menjamu Arema FC di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) pada Sabtu 15 April kemarin.

Meski diperkuat mega bintang sekelas Essien, Persib tetap gagal mendapatkan kemenangan karena laga berkesudahan dengan skor imbang, 0-0. Essien yang juga mantan penggawa Chelsea hanya dimainkan selama 77 menit karena terkendala faktor fisik.


Klik: Incar Kemenangan, Madura United Waspadai Irfan Bachdim


Essien menjadi sorotan karena punya rekam jejak menawan bersama Chelsea. Selain itu, ia juga berstatus sebagai pemain termahal di Indonesia ketika diboyong Persib. Beredar rumor, Maung Bandung memboyong Essien dengan banderol sekitar Rp11 miliar. Sepanjang jalannya laga, Essien selalu mendapat tepuk tangan dari para bobotoh ketika menguasai bola atau memberikan umpan. Namun sayangnya, perawakan tubuh yang sudah tidak lagi kurus membuat Essien kesulitan untuk mengimbangi kecepatan para pemain tengah Arema.
 

Klik: Dua Mantan Penggawa Timnas Direkrut Tim Liga 2


Pemain berpaspor Ghana itu sering terlihat hanya berjalan kaki sambil sesekali memegang pinggang di tengah lapangan.  "(Essien) belum dalam kondisi yang fit dan itu masih jadi kendala," jelas pelatih Persib Djadjang Nurdjaman ketika ditanya tentang kondisi kebugaran Essien.

Pelatih yang akrab disapa Djanur itu mengatakan, kondisi cuaca tropis di Indonesia disinyalir menjadi salah satu penyebab munculnya kendala fisik tersebut. Pasalnya selama ini, Essien kerap tampil bersama klub Eropa dengan iklim yang dingin.

"Ini pertamanya bersama Persib dengan cuaca tropis. Karena biasanya dia main di cuaca dingin, jadi wajar," kata Djadjang.

Meski terkendala kondisi fisik, Djanur mengklaim kualitas Essien sebagai salah satu pemain dunia tetap terasa. Beberapa kali Essien mampu melepaskan umpan terukur ke jantung pertahanan Arema. Bahkan skill Essien pun masih terlihat ketika mampu lolos dari dua pemain Arema meski mendapat pengawalan ketat kala menguasai bola.

"Saya lihat dia memberikan sentuhan magis, dan bagus menurut saya," tutur Djanur.

Djanur pun berharap fisik Essien bisa lebih baik pada laga selanjutnya. Segudang program pun akan diberikan Djanur terhadap Essien termasuk mengurangi berat badan.

"Kita akan terus berupaya agar kondisi (fisik) dia benar benar bugar. Ini baru laga awal, masih ada waktu dan saya tidak menargetkan sampai kapan," pungkas Djanur.

 


(KAU)

Video /