Kompetisi Sepak Bola U-8, U-10 dan U-12

IJSL 2017, Membentuk Pemain yang Tepat Lewat Kompetisi Usia Dini

Kautsar Halim    •    04 Mei 2017 19:37 WIB
liga indonesia
IJSL 2017, Membentuk Pemain yang Tepat Lewat Kompetisi Usia Dini
Suasana kompetisi Indonesia Junior Soccer League (IJSL). (Foto: majalah IJSL)

Metrotvnews.com, Jakarta: Banyak cara yang bisa dilakukan agar perkembangan sepak bola Tanah Air semakin baik. Salah satunya, lewat penyelenggaraan Indonesia Junior Soccer League (IJSL). Sebuah event akbar yang sengaja diadakan guna membentuk mental berkompetisi yang baik dan benar sejak usia dini.

Perhelatan IJSL yang memasuki tahun kelima ini sudah semakin berkembang dan bakal melibatkan lebih dari 1500 anak  dari Sekolah Sepak Bola (SSB) di Jabodetabek, Bandung, hingga Semarang. Kategori usia yang dilombakan juga terfokus dengan baik karena hanya melibatkan, anak-anak U-8, U-10, dan U-12.


Klik: Luis Milla Panggil 26 Pemain untuk TC Pekan Depan


Hasil pertandingan seperti menang, kalah atau seri bukan tujuan utama dalam IJSL. Hadiah maupun penghargaan juga bukan suatu hal yang dijadikan target. Panitia pelaksana termotivasi menggelar event ini karena terpanggil dengan kompetisi domestik yang kerap dikotori berbagai pelanggaran yang tidak perlu. Misalnya, pemukulan wasit, tawuran antar suporter, pertengkaran sesama pemain, dll. "Lewat IJSL, anak-anak jadi siap secara teknik dan mental ketika naik ke jenjang usia selanjutnya. Kemudian, mereka juga jadi bisa mengerti cara bersikap yang baik ketika menang atau kalah. Selain untuk anak-anak, sikap itu juga akan kami tanamkan kepada orang tua dan juga para pelatih," ujar Dede Supriyadi selaku Direktur Kompetisi IJSL kepada Metrotvnews.com, Kamis (4/5/2017).

Rangkaian kegiatan IJSL dijadwalkan berlangsung sejak April hingga November 2017 dengan format kejuaraan yang berbeda, yakni festival, kompetisi, serta turnamen. Meski begitu, masing-masing rangkaian kegiatan tetap saling berkaitan dan mempengaruhi tiap SSB untuk melangkah ke fase selanjutnya.


Klik: Cerita Rully Nere Ketika Membentuk Timnas Wanita U-15


Agenda terdekat IJSL adalah membuka kejuaraan yang berformat kompetisi di GOR Ciracas, Jakarta Timur, pada Minggu 7 Mei mendatang. Event ini sudah mendapat sambutan yang luar biasa dari para orang tua pemain serta berbagai SSB yang terkait.

"IJSL punya tiga agenda. Maret adalah festival. Mei-November kompetisi, sedangkan Agustus juga ada Piala Kemerdekaan. Penyelenggaraan festival pada bulan lalu juga sekaligus menjaring SSB yang bakal tampil di kompetisi," jelas Dede.

"Kemudian, event ini biasanya terselenggara di Sentul, Bogor, yang punya lapangan lebih banyak. Tapi kami terpaksa pindah ke sini karena sedang ada perbaikan di sana," tambahnya.

IJSL tidak hanya menjadi wadah yang tepat bagi para bibit muda Tanah Air. Pasalnya, para pendiri IJSL juga memiliki hubungan baik dengan PSSI dan berbagai penyelenggara event yang jenjangnya lebih tinggi. Jadi, peluang anak bangsa bisa berada di jalur yang tepat terbilang sangat besar.

 


(ACF)

Valencia Datangkan Bek Arsenal Gabriel
Bursa Transfer Pemain

Valencia Datangkan Bek Arsenal Gabriel

1 hour Ago

Arsenal sepakat melepas Gabriel Paulista ke Valencia. Bek asal Brasil tersebut akan memperkuat …

BERITA LAINNYA
Video /