Piala AFF 2016: Grup A

Takluk dari Thailand, Filipina Tersingkir

Achmad Firdaus    •    25 November 2016 21:08 WIB
piala aff
Takluk dari Thailand, Filipina Tersingkir
Foto: Youtube

Metrotvnews.com, Bulacan: Tuan rumah Filipina akhirnya gagal melaju ke babak semifinal Piala AFF 2016. Hal itu tidak lepas dari kekalahan 0-1 atas Thailand pada laga pamungkas Grup A, Jumat 25 November 2016.

Bertarung di Stadion Philippine Sports Stadium, Filipina yang membutuhkan kemenangan untuk lolos ke babak berikutnya, mencoba mengambil alih kendali permainan.

Namun, hal itu tidak mudah dilakukan Phillipp Younghusband dan kawan-kawan lantaran Thailand yang menurunkan sejumlah pemain lapis keduanya tetap mampu memberikan perlawanan sepadan. Alhasil, skor 0-0 bertahan hingga turun minum.

Pada babak kedua, Filipina terus berusaha membongkar pertahanan Thailand. Beberapa upaya terus dilancarkan Misagh Bahadoran yang jadi tumpuan di lini depan.
 

Baca: Sudah 44 Tahun Filipina Gagal Kalahkan Thailand


Sayang, dari total 15 tembakan yang mereka lepaskan di mana tujuh di antaranya mengarah ke gawang, semuanya gagal berbuah gol.

Justru, Thailand yang sukses mencuri gol kemenangan lewat aksi Sarawut Masuk dengan tendangan terarahnya pada menit ke-81. Thailand pun akhirnya membungkus kemenangan 1-0, sekaligus menyempurnakan rekor mereka di fase grup dengan menyapu bersih tiga laga dengan kemenangan.

Dengan hasil ini, Filipina dipastikan gagal melaju ke babak semifinal lantaran mereka harus puas berada di posisi tiga dengan koleksi dua poin.

Filipina kalah bersaing dengan Indonesia yang pada saat bersamaan sukses mengalahkan Singapura 2-1. Indonesia yang mengemas empat angka berhak menemani Thailand sebagai juara Grup A dengan poin sempurna, 9 angka.
 

Baca juga: Thailand Tidak akan "Main Mata" dengan Filipina


Pada babak semifinal nanti, Indonesia akan berhadapan dengan tim yang jadi juara Grup B, sementara Thailand ditantang runner-up Grup B.

Leg pertama babak semifinal akan digelar pada 3 dan 4 Desember di mana tim yang lolos dengan status runner-up grup akan bertindak sebagai tuan rumah. Sementara leg kedua akan digelar pada 7-8 Desember. Kali ini, giliran tim yang berstatus juara grup bertindak sebagai tuan rumah.

Video: ?Kenangan Manis Indonesia di Rizal Memorial Stadium



(ACF)

Video /