Kasus Pengaturan Skor

Pemerintah Berharap Sanksi Hidayat Hanya "Sentilan"

Rendy Renuki H    •    07 Desember 2018 19:35 WIB
bolaliga indonesiasuap
Pemerintah Berharap Sanksi Hidayat Hanya
Hidayat (kanan) sudah disanksi Komdis PSSI karena terlibat pengaturan skor-Medcom.id/Rendy

Jakarta: Sekretaris Menteri Pemuda dan Olahraga Gatot S Dewa Broto, berharap, sanksi yang diberikan Komisi Disiplin PSSI kepada anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Hidayat, yang terlibat pengaturan skor di persepakbolaan nasional, hanya sentilan saja.

Hidayat dilaporkan berupaya mengatur hasil laga Maruda FC kontra PSS Sleman di babak 8 besar Liga 2 Indonesia 2018, Mei lalu. Atas upayanya tersebut, Hidayat dijatuhi sanksi tiga tahun larangan berkecimpung di sepak bola dan denda Rp150 juta. 

"Saya anggap itu (sanksi) hanya entri point saja menuju pengusutan lebih lanjut. Karena pada saat menjatuhkan tiga tahun pun kami ingin melihat dahulu referensinya itu apa. Bukan kami tidak setuju, kami setuju sudah ada penindakan dari PSSI," ujar Gatot kepada Medcom.id, Jumat 7 Desember.

Baca juga: Tiket Persija vs Mitra Kukar Sudah Ludes

"Cuma tiga tahun itu referensinya apa? Mengacu kepada pasal apa? Jangan sampai kejadian lalu, hafal tidak? PSSI kalau memutuskan sesuatu awalnya kencang, tapi kemudian hukumannya menjadi ringan. Itu yang jangan sampai menjadi guyonan publik," sambungnya.

Menurut hasil sidang Komdis PSSI, Hidayat dijatuhi hukuman mengacu kepada pasal 65 Kode Disiplin PSSI. Hal itu diungkapkan Wakil Ketua Komdis PSSI Umar Husin yang mengatakan, kasus itu masuk ke pasal 65 yang membahas soal taruhan (judi).

"Hidayat itu pasal 65 Kode Disiplin PSSI, denda Rp150 juta sama tiga tahun larangan berkecimpung di sepak bola nasional. Kecuali kalau terjadi konspirasi itu pasalnya lain lagi, itu pasal 72 (konspirasi), putusan seumur hidup. Ini kan tidak terjadi (konspirasi)," terang Umar kepada Medcom.id beberapa waktu lalu.

"Dia (Hidayat) baru mencoba, kebetulan Madura-nya (pihak Madura FC) enggak mau. Kan beda, kalau terjadi konspirasi itu pasal 72, dendanya Rp250 juta, hukumannya pun seumur hidup," kata Umar.

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

Video: Pelatih PSM Benarkan Adanya Praktik Pengaturan Skor
 


(RIZ)


Piala AFF 2018: Malaysia Terhindar dari Kekalahan atas Vietnam
Leg I Final Piala AFF 2018

Piala AFF 2018: Malaysia Terhindar dari Kekalahan atas Vietnam

1 day Ago

Malaysia terhindar dari kekalahan atas Vietnam pada leg pertama babak final Piala AFF 2018, Sel…

BERITA LAINNYA
Video /